SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMTA KELAS AKSELERASI DI KOTA MALANG

Putri Dwi NOVITASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Novitasari, Putri. 2009. Pengembangan Panduan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SMTA Kelas Akselerasi di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Dr. M. Ramli, M.A, (II) Drs. Djoko Budi Santoso.

 

Kata kunci: Keterampilan sosial, akselerasi, panduan

 

Keterampilan sosial sangat dibutuhkan oleh siswa SMTA terutama siswa kelas akselerasi dalam memenuhi salah satu tugas perkembangannya dalam kehidupan sosial, yaitu membina hubungan dengan orang lain. Untuk itu, perlu dikembangkan Panduan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SMTA Kelas Akselerasi di Kota Malang dengan tujuan agar keterampilan sosial siswa akselerasi meningkat sejalan dengan meningkatnya kemampuan akademis mereka.

Keterampilan sosial merupakan keterampilan berinteraksi dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara yang spesifik yang dapat diterima oleh masyarakat, bermanfaat bagi pribadi dan orang lain serta dapat dipelajari. Menurut Johnshon (1981) hal-hal yang termasuk dalam keterampilan sosial yaitu 1) keterampilan untuk saling mengenali dan membangun kepercayaan dengan individu lain, 2) keterampilan saling berkomunikasi secara tepat dan jelas dengan individu lain, 3) keterampilan untuk saling menerima dan membantu dengan individu lain dan 4) keterampilan untuk saling mengatasi konflik dan masalah-masalah dalam hubungan sosial.

Pengembangan Panduan  Bimbingan ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan Panduan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SMTA Kelas Akselerasi di Kota Malang dapat diterima secara teoretis.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Populasi penelitian ini adalah para konselor SMTA Kelas Akselerasi di Kota Malang. Sampel yang digunakan adalah konselor kelas akselerasi SMA Negeri 3 dan MAN 1 Kota Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Panduan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SMTA Kelas Akselerasi di Kota Malang dapat diterima secara teoretis.

Berdasarkan hasil pengembangan disarankan: 1) hasil produk pengembangan peningkatan keterampilan sosial dapat digunakan konselor sebagai panduan dalam memberikan bimbingan pada siswa akselerasi, 2) bagi pengembang selanjutnya, khususnya mengenai pengembangan bimbingan peningkatan keterampilan sosial, hendaknya menindak lanjuti dengan terus melakukan pengembangan, baik dalam konstruk teoretis, desain produk pengembangan dan teknik analisisnya, sehingga dapat lebih menyempurnakan produk pengembangan yang sudah ada.