SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Komik sebagai Media Informasi Bahaya Merokok untuk Mengurangi Perilaku Merokok Siswa SMP

Shofiyatul Fikriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fikriyah, Shofiyatul. 2012. Efektifitas Komik sebagai Media Informasi Bahaya Merokok untuk Mengurangi Perilaku Merokok Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M. Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zein, M.Pd.

 

Kata Kunci: komik, media informasi, perilaku merokok.

 

Perilaku merokok pada kalangan siswa SMP semakin bertambah seiring dengan semakin berkembangnya media informasi dan komunikasi. Hal tersebut mendapat perhatian dari Sri Wahyuni (205111483647) mahasiswa program studi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Malang. Sri Wahyuni melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Komik Sebagai Media Informasi Bahaya Merokok Bagi Siswa SMP”. Dari penelitian yang dilakukan oleh Sri Wahyuni dihasilkan sebuah komik sebagai media pemberian infomasi mengenai bahaya merokok dengan judul “Asap Putih yang Membunuh, Sebuah Kisah Persahabatan dengan Si Asap Racun”. Komik tersebut menarik minat peneliti untuk diangkat dalam suatu penelitian eksperimen. Pada akhirnya, peneliti meminta izin dari peneliti sebelumnya untuk menggunakan produk penelitiannya dalam suatu penelitian eksperimen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komik “Asap Putih yang Membunuh, Sebuah Kisah Persahabatan dengan Si Asap Racun” sebagai media informasi bahaya merokok untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa SMP.

Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan (purposive sampling). Menggunakan instrumen self report berupa angket untuk mendapatkan siswa perokok. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest (nilai Z= (-2,193 Asymp. Sig. (2-tailed) nilai signifikansi untuk uji dua sisi adalah 0,028. Karena signifikansi 0,028 < 0,05 maka dapat diambil keputusan untuk menerima H1 dan menolak H0.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa treatment menggunakan komik “Asap Putih yang Membunuh, Sebuah Kisah Persahabatan dengan Si Asap Racun” teruji efektif untuk mengurangi perilaku merokok pada siswa SMP. Berdasarkan hasil disarankan kepada: (1) konselor, komik dengan judul “Asap Putih yang Membunuh, Sebuah Kisah Persahabatan dengan Si Asap Racun” karya Sri Wahyuni (205111483647) dapat dijadikan alternatif media bimbingan yang efektif untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang bahaya dan kerugian yang diakibatkan oleh rokok, sehingga dapat mendorong siswa untuk mengurangi bahkan berhenti merokok, (2) Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan formal yang memfasilitasi siswa dalam mencapai tugas perkembangannya diharapkan menyediakan sarana maupun prasarana pendidikan yang mendukung proses pembelajaran pada siswa khususnya dalam bimbingan konseling. Media/alat bimbingan harus terus menerus diperbaharui mengingat perkembangan IPTEK terus berlanjut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan anggaran yang cukup bagi penyelenggaraan bimbingan konseling di sekolah sehingga penyelenggara bimbingan konseling di sekolah data melakukan inovasi dalam mengoptimalkan bimbingan di sekolah., (3) peneliti selanjutnya, penelitian ini terbatas oleh waktu sehingga diharapkan untuk peneliti selanjutnya bisa memperhitungkan dan mempertimbangkan waktu serta adanya kelompok kontrol dalam penelitian akan memberikan pengaruh pada hasil treatment yang dilakukan.