SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Buku Bergambar untuk Layanan Informasi Bahaya Aborsi di SMK Negeri 1 Malang

Latifah Ayu Widyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyawati, Latifah Ayu. 2012. Pengembangan Media Buku Bergambar untuk Layanan Informasi Bahaya Aborsi di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd (II) Drs. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: layanan informasi, media buku bergambar, bahaya aborsi

 

Penelitian pengembangan media buku bergambar untuk layanan informasi bahaya aborsi di SMK Negeri 1 Malang ini dilatar belakangi karena banyak nilai-nilai dan moral masyarakat yang menyimpang dari budaya kita dan membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan bangsa, salah satunya adalah gaya hidup bebas dari negara barat yang ditransfer dan terinternalisasi dalam diri masyarakat, khususnya remaja (siswa). Masa remaja merupakan masa yang penting karena biasanya di masa ini seseorang selalu berusaha untuk mencari jati diri, masa untuk melepaskan diri dari orang tua. Remaja yang sudah berkembang kematangan seksualnya, jika kurang mendapatkan pengarahan dari guru atau orang tua, akan mudah terjebak dalam masalah dikarenakan tidak dapat mengendalikan perilaku seksualnya. Akibatnya, remaja cenderung untuk melakukan hubungan free sex  di luar nikah, yang pada akhirnya berujung pada tindakan aborsi bagi remaja putri jika terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.

Perilaku aborsi yang akhir-akhir ini banyak terkuak menyebabkan masalah ini menarik untuk diangkat mengingat bahwa tidak semua remaja putri memiliki pengetahuan tentang aborsi, padahal bahaya yang diakibatkan sangat mengerikan. Pengembangan media buku bergambar ini sebagai upaya preventif terhadap tindakan aborsi. Strategi ceramah sudah sering dilakukan dan kebanyakan siswa merasa bosan, sehingga dibutuhkan media yang menarik agar siswa tertarik untuk memahami dan kemudian tidak akan melakukan hal-hal yang mengarah pada tindakan aborsi.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media buku bergambar, yang tepat digunakan untuk layanan informasi bahaya aborsi di SMK Negeri 1 Malang. Secara khusus, tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui tingkat kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan keakuratan produk media buku bergambar yang dapat diterima dan bermanfaat secara teoritik dan praktik.

Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983) melalui studi lapangan/need assessment, pengembangan produk, menguji produk dengan ahli materi dan ahli media, merevisi, menguji kepada calon pengguna produk (4 siswa putri), merevisi produk tersebut sehingga dihasilkan produk yang sesuai dengan tujuan pengembangan. Produk yang berhasil dikembangkan yakni media buku bergambar yang telah diuji kelayakannya.

Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, pengembangan media buku bergambar ini sudah layak digunakan, dilihat dari aspek kegunaan, kemudahan, ketepatan, dan kemenarikan. Harapan ke depan, pengembangan media buku bergambar ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh berbagai pihak, seperti: konselor, guru, orang tua, masyarakat, dan pengambil kebijakan sebagai media informasi penting yang perlu disampaikan kepada remaja.

Saran yang diberikan adalah: 1) konselor dapat memanfaatkan media ini dengan baik dalam memberikan layanan informasi, sehingga dapat merancang program pencegahan kemungkinan terjadinya aborsi di kalangan siswa SMK dan siswa bisa mencapai kematangan sikap dan tanggung jawab sosial; 2) bagi peneliti selanjutnya, apabila berminat dapat melakukan replikasi penelitian dengan memodifikasi sasaran yang lebih luas, menambah topik lain yang berkaitan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, serta melakukan uji efektivitas terhadap pengembangan media ini.