SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS METODE KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN AKAN NILAI KEBERANIAN SISWA SMP

Ovi Nur Hikmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hikmah, Ovi Nur.2012. Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk meningkatkan Kesadaran akan Nilai Keberanian (Courage) Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A, (II) Dr. Triyono M.Pd.

 

Kata Kunci: klarifikasi nilai, kesadaran akan nilai kepedulian, contoh kasus.

 

Memiliki kesadaran akan pentingnya memahami nilai moral keberanian (courage value) merupakan keyakinan seseorang atau kelompok untuk berbuat benar meskipun yang lain tidak dengan dasar kejujuran, tanggung jawab, dan pertimbangan resiko yang kemudian diwujudkan dalam bentuk fisik, mental, maupun spiritual. Melalui pendidikan dan pengalaman, kesadaran akan nilai keberanian dapat dibentuk dan dikembangkan. Jika pemahaman nilai keberanian (courage) tidak diberikan kepada anak, maka akan berdampak buruk terhadap perkembangan moral yang lainnya, contoh: kenakalan remaja (sok jago) untuk menguji keberanian bertarung, berani mencontek karena takut dan cemas mendapat nilai rendah atau tidak lulus, dll. Oleh sebab itu, pendidikan dibutuhkan tidak hanya untuk mengembangkan aspek  intelektualnya saja, akan  tetapi beriringan dengan juga pengembangan aspek moral siswa. Hal ini menjadi tanggungjawab orang tua, sekolah, dan masyarakat.

Fokus pada bidang BK, moral keberanian (courage) siswa dapat dikembangkan dengan metode klarifikasi nilai yang menekankan pada usaha membantu siswa dalam mengkaji perasaan dan perbuatannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mereka sendiri. Teknik klarifikasi nilai dilaksanakan dengan menyajikan sejumlah contoh kasus yang mengandung konflik nilai untuk didiskusikan dan direfleksikan dengan diri siswa. Subjek dilibatkan dalam pembacaan contoh kasus dan didorong untuk menjelaskan perasaan dan nilai yang ada pada dirinya serta mengambil keputusan dan komitmen dalam memilih nilai.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai courage siswa SMP. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP berjumlah 10 orang. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah one group pretest posttest design, dengan menggunakan alat berupa skala kesadaran akan nilai courage siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir treatment. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji statistik nonparametrix tipe tes wilcoxon. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode klarifikasi nilai efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai courage siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor pada posttest diakhir pertemuan setelah pemberian treatment.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1)Konselor mempersiapkan bahan bacaan yang sesuai kebutuhan kelompok eksperimen dengan menyajikan contoh kasus yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari dan setting tempat untuk melaksanakan eksperimen harus dipertimbangkan terlebih dahulu. (2) Pada peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan kegiatan need assesment dan uji validitas treatment.