SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN METODE KLARIFIKASI NILAI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN AKAN NILAI KEJUJURAN SISWA SMP

Astri Nurani

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurani, Astri. 2012. Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Nilai Kejujuran Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A. (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd.

 

Kata kunci: klarifikasi nilai, kesadaran, nilai kejujuran

 

Kesadaran akan nilai kejujuran penting sekali dimiliki untuk menciptakan manusia yang mampu berbuat jujur dalam kehidupan. Ketidakjujuran merupakan penghalang bagi manusia untuk bersikap positif, khususnya remaja. Kurangnya kesadaran akan nilai kejujuran pada siswa SMP ditunjukan pada perilaku menyontek karena takut dan cemas mendapat nilai rendah atau tidak lulus, dan membohongi orang tua. Nilai kejujuran sebenarnya ada pada diri setiap siswa, akan tetapi kesadaran untuk memunculkannya masih kurang. Dengan meningkatkan kesadaran akan kejujuran, siswa belajar bagaimana mengenal diri dan lingkungannya, sehingga terhindar dari masalah-masalah yang terkait dengan hubungan sosial serta kenakalan remaja.

Fokus pada bidang bimbingan dan konseling, moral kejujuran siswa dapat dikembangkan dengan metode klarifikasi nilai (values clarification) yang menekanan pada usaha membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam mengkaji perasaan-perasaan, pikiran-pikiran, dan perbuatannya, untuk meningkatkan kesadaran tentang nilai-nilai yang ada dalam diri individu. Metode klarifikasi nilai dimulai dari penyajian pola sejumlah cerita berupa contoh kasus yang mengandung konflik nilai dengan pancingan-pancingan pertanyaan, Subjek coba dilibatkan dalam suasana cerita dan didorong untuk menjelaskan perasaan dan nilai yang ada pada dirinya, serta mengambil keputusan dan argumentasi yang kuat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kejujuran siswa SMP. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa SMP sebanyak 10 siswa.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Pengumpulan data instrumen berupa skala kesadaran akan nilai kejujuran siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik nonparametrik uji wilcoxon dengan nilai Z=-2.805a dan P=0.005, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa klarifikasi nilai dengan menggunakan contoh kasus efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai kejujuran siswa SMP.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dalam mengaplikasikan teknik ini, konselor harus mempersiapkan bahan bacaan yang sesuai kebutuhan kelompok eksperimen, dan contoh kasus yang diberikan lebih baik mengenai masalah yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. (2) saran pengembangan, untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik dan media yang sama, akan tetapi menggunakan kelompok kontrol, sebelum melakukan penelitian diharapkan melakukan need assessment terlebih dahulu mengenai kasus yang sering dijumpai.