SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Layanan Informasi Kewirausahaan sebagai Pertimbangan Rencana Karier bagi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan

Wulandari .

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari. 2012. Pengembangan Paket Layanan Informasi Kewirausahaan sebagai Pertimbangan Rencana Karier bagi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si, (II) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata Kunci: paket layanan informasi, kewirausahaan, rencana karier, siswa SMK

 

SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertanggungjawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, keterampilan dan keahlian, sehingga lulusannya dapat mengembangkan kinerja apabila terjun dalam dunia kerja. Apapun jenis pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan tidak lain muara dari lulusannya agar mereka memiliki kemampuan, keterampilan serta ahli di dalam bidang ilmu tertentu. Pada kenyataan sekarang ini, setelah tamat sekolah, siswa SMK dihadapkan pada permasalahan baru. Mereka kesulitan memperoleh pekerjaan. Mereka mencoba melamar pekerjaan kesana-kemari, namun hanya sedikit yang berhasil memperoleh pekerjaan. Pekerjaan itupun belum tentu sesuai dengan bakat, minat, serta kemampuan yang dimiliki. Kebanyakan para lulusan/tamatan pendidikan formal begitu selesai studi cenderung untuk berupaya mencari pekerjaan. Sebagian besar berharap agar memperoleh pekerjaan tetap dan dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka. Jarang dari mereka yang berusaha mengamalkan dan mengembangkan pengalaman pendidikannya melalui kegiatan-kegiatan wirausaha.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan paket layanan informasi kewirausahaan sebagai pertimbangan rencana karier bagi siswa SMK yang tepat, berguna, mudah, dan menarik bagi siswa SMK. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri atas (1) Panduan Paket Layanan Informasi Kewirausahaan sebagai Pertimbangan Rencana Karier bagi Siswa SMK untuk konselor yang berjudul “Sukses Berwirausaha Setelah Lulus SMK (Panduan Konselor)” dan (2) Materi Paket Layanan Informasi Kewirausahaan sebagai Pertimbangan Rencana Karier bagi Siswa SMK yang berjudul “Sukses Berwirausaha Setelah Lulus SMK” untuk siswa. Materi paket layanan informasi kewirausahaan sebagai pertimbangan rencana karier terdiri dari 4 topik, yaitu: (1) Kemana Setelah Lulus SMK?, (2) Apa yang Dimaksud Wirausaha?, (3) Mengapa Berwirausaha?, dan (4) Wirausaha? Siapa takut!.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba. Subjek uji coba produk adalah satu orang ahli bimbingan dan konseling  serta satu orang ahli bahasa. Subjek uji calon pengguna produk yang dipilih adalah dua orang konselor SMK Negeri 2 Singosari. Data dikumpulkan melalui format uji ahli dan uji calon pengguna produk berupa skala penilaian. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis rerata dan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil uji ahli bimbingan dan konseling,  paket layanan informasi kewirausahaaan sebagai pertimbangan rencana karier bagi siswa SMK dilihat dari segi ketepatan dinyatakan tepat dengan skor rata-rata 3. Paket ini berguna diberikan kepada siswa dengan skor rata-rata 3 dari aspek kegunaan. Aspek kemudahan, paket ini sangat mudah diberikan kepada siswa dengan skor rata-rata 3,8, sedangkan dari aspek kemenarikan, paket ini menarik dengan skor rata-rata 3. Menurut ahli bahasa, paket layanan informasi kewirausahaan sebagai pertimbangan rencana karier siswa SMK pada tahap awal memiliki skor rata-rata 2,7 yang berada pada kriteria baik. Setelah produk direvisi, skor rata-rata produk hasil revisi adalah 3,3 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji calon pengguna produk, dilihat dari segi ketepatan dinyatakan sangat tepat dengan skor rata-rata 3,3. Paket ini sangat berguna diberikan kepada siswa dengan skor rata-rata 3,09 dari aspek kegunaan. Aspek kemudahan, paket ini dinyatakan mudah dengan skor rata-rata 3 dan dari aspek kemenarikan, paket ini sangat menarik dengan skor rata-rata 3,5.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang diberikan adalah: (1) konselor harus benar-benar memahami prosedur dan materi informasi agar siswa dapat mencapai tujuan yang dikehendaki, (2) konselor harus kreatif dalam mengatur waktu untuk pelaksanaan bimbingan, mengingat minimnya jam tatap muka untuk bimbingan dan konseling di sekolah, (3) bagi peneliti selanjutnya, perlu diadakan uji lapangan yang melibatkan siswa, agar diketahui keefektifan paket layanan informasi kewirausahaan sebagai pertimbangan rencana karier bagi siswa SMK ini, (4) perlu dikembangkan paket layanan informasi kewirausahaan sebagai pertimbangan rencana karier pada populasi penelitian yang lebih luas baik dari tingkatan sekolah maupun ragam sekolah.