SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Tanggung Jawab Akademik Pada Siswa SD

Royen Dyanasta

Abstrak


ABSTRAK

 

Dyanasta, Royen. 2012. Keefektifan Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran  Nilai Tanggung Jawab Akademik Siswa SD. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan BKP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A. (2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata kunci: klarifikasi nilai, kesadaran nilai tanggung jawab akademik, ilustrasi kasus

 

Kesadaran nilai tanggung jawab akademik penting dimiliki untuk menciptakan manusia yang mampu bertindak tanggung jawab khususnya dalam bidang akademik dalam kehidupan. Sedangkan ketidakbertanggungjawaban merupakan penghalang bagi manusia untuk bersikap positif. Kurangnya kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik pada siswa SD tercermin pada tindakan seperti tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, malas belajar dan kebiasaan mencontek. Dalam hal ini pendidikan  yang menjadi tonggak utama dalam menumbuhkembangkan nilai tanggung jawab khususnya tanggung jawab akademik siswa. Melalui pendidikan yang secara global dapat menanamkan nilai tanggung jawab akademik kepada siswa-siswa sejak usia dini, dan diharapkan dapat menjadi landasan dalam menjalankan tingkah laku yang selalu menjunjung tinggi nilai dalam bertanggung jawab di bidang akademik. Menyikapi hal tersebut maka diperlukan metode yang khusus agar siswa dapat memperoleh pemahaman dan dapat menerapkan nilai tanggung jawab akademik dalam kehidupan kesehariannya.

Klarifikasi nilai (values clarification) memberi penekanan pada usaha membantu siswa dalam mengkaji perasaan dan perbuatannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mereka sendiri. Teknik klarifikasi nilai dimulai dari penyajian pola sejumlah cerita berupa ilustrasi kasus yang mengandung konflik nilai dengan pancingan-pancingan pertanyaan, Subjek coba dilibatkan dalam suasana cerita dan didorong untuk menjelaskan perasaan dan nilai yang ada pada dirinya serta mengambil keputusan dan argumentasi yang kuat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik siswa SD. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SD berjumlah 8 siswa.

Metode pengumpulan data penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest-posttest design. Pengumpulan data yang digunakan berupa skala kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik siswa SD yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan, serta data kualitatif jawaban siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik nonparametrik uji wilcoxon sign rank test dan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa klarifikasi nilai dengan menggunakan ilustrasi kasus efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik siswa SD. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor pada postes di akhir pertemuan.

Selama tujuh kali perlakuan klarifikasi nilai, subyek mampu memahami nilai-nilai tanggung jawab akademik serta bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari kedelapan subyek, hanya subyek WP yang mengalami peningkatan kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik dengan klasifikasi sangat tinggi. Subyek AF, MR, RY, FM, IY dan AM menjadi tinggi klasifikasi kesadaran akan nilai tanggung jawab akademiknya. Sedangkan subyek DS mengalami peningkatan kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik dengan klasifikasi sedang. Hasil ini membuktikan bahwa ada peningkatan kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik antara sebelum dan sesudah perlakuan klarifikasi nilai.  Hasil analisis deskripstif mendapatkan hasil bahwa nilai mean data postes lebih tinggi dari data pretes. Hal ini membuktikan bahwa teknik klarifikasi nilai efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai tanggung jawab akademik siswa SD.