SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Nilai Toleransi Pada Siswa SMP

Deny Purwanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwanti, Deny. 2012. Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Nilai Toleransi Pada Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dany M. Handarini, M.A., (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata Kunci : klarifikasi nilai, kesadaran akan nilai toleransi.

 

Toleransi merupakan suatu kunci untuk bersosialisasi dan hidup dengan damai di lingkungan masyarakat yang penuh dengan keragaman dan diwarnai dengan berbagai perbedaan. Melihat fakta yang ada, dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, masih banyak kejadian-kejadian yang diakibatkan oleh kurangnya kesadaran bertoleransi antar individu. Oleh karena itu diperlukan suatu metode spesifik untuk mengembangkan kesadaran akan nilai toleransi pada siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran akan nilai toleransi adalah metode klarifikasi nilai.

Penelitian bertujuan menguji keefektifan metode klarifikasi nilai dalam meningkatkan kesadaran akan nilai toleransi pada siswa SMP. Metode Klarifikasi Nilai adalah suatu langkah-langkah yang sistematis yang digunakan untuk membantu siswa, mengkaji nilai-nilai yang ada pada dirinya. Siswa dapat memilih nilai sesuai dengan apa yang diyakini dan dapat merencanakan tindakan serta bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada dirinya yang diyakini kebenaranya.

Penelitian ini menggunakan Pre-test and Post-Test One Group Design, desain eksperimen diobservasi sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Subjek penelitian adalah sepuluh orang siswa yang memiliki klasifikasi skor skala kesadaran akan nilai toleransi rendah dan sedang, dengan mengunakan contoh kasus sebagai media dalam pelaksanaan metode klarifikasi nilai. Hasil dari pengumpulan data dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT).

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa metode klarifikasi nilai efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai toleransi pada siswa SMP yang juga dapat dilihat dari kenaikan skor post test setelah pemberian perlakuan.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagi konselor sebaiknya menggunakan kasus-kasus yang mudah difahami dan tidak terlalu panjang,  agar siswa mudah  memahami kasus –kasus yang berkenaan dengan nilai toleransi. Dengan memahami kasus akan mempermudah siswa melakukan penilaian, sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam dirinya. (2) Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan need assessment  tentang  nilai yang akan diklarifikasi,sehingga metode ini dapat bermanfaat dan tepat guna bagi siswa.