SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran akan Nilai Disiplin Diri Siswa SMP

Bayu Dwihandrianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwihandrianto, Bayu. 2012. Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran akan Nilai Disiplin Diri Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Elia Flurentin, M.Pd, (2) Dr. Dany M. Handarini, M.A.

 

Kata Kunci: klarifikasi nilai, kesadaran, disiplin diri, siswa SMP

 

Kesadaran akan nilai disiplin diri dapat diartikan sebagai suatu kemampuan atau pemahaman mengenai sikap disiplin serta mengerti segala perbuatan yang mengandung nilai disiplin dan kemudian dapat merealisasikan ke dalam bentuk yang nyata sehingga dapat berperilaku patuh terhadap peratuaran, tata tertib atau tunduk pada pengawasan. Fenomena yang terjadi dimasyarakat saat ini yaitu pelanggaran terhadap lalu lintas sehingga menyebabkan macet dan seringnya terjadi kecelakaan dijalan, hal tersebut merupakan salah satu contoh akibat kurangnya kesadaran akan nilai disiplin diri di masyarakat. Yang bertanggungjawab mengurusi masalah disiplin diri adalah lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Metode klarifikasi nilai dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai disiplin diri karena dalam penerapannya memiliki beberapa tahap meliputi, memilih, menghargai, dan merefleksi sehingga dapat memperluas wawasan siswa mengenai keanekaragaman nilai-nilai kesadaran disiplin diri siswa

Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan penggunaan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai disiplin diri siswa SMP. Siswa SMP yang memiliki kesadaran akan nilai disiplin diri adalah siswa yang dapat mengerti tentang semua aturan dan tata tertib yang ada dalam masyarakat ataupun sekolah serta dapat merealisasikan ke dalam perbuatan sehari-hari sehingga dapat berperilaku patuh terhadap peraturan, serta sadar bahwa dirinya harus menjauhi segala sesuatu yang bersifat melanggar dan mencoba membina diri untuk selalu menjalankan aturan dan tatatertib yang ada.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah experiment the one group pretest-postest dengan rancangan treatment sebanyak 10 kali. Subjek penelitian adalah sepuluh orang siswa SMP yang memiliki kriteria kesadaran akan nilai disiplin diri sedang dan rendah yang diukur dengan menggunakan inventori kesadaran akan nilai disiplin diri siswa SMP. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan inventori kesadaran akan nilai disiplin diri siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan. Hasil pengumpulan data telah di analisis dengan menggunakan uji wilcoxon.

Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian eksperimen ini penggunaan klarifikasi nilai efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai disiplin diri siswaSMP yang dapat dilihat dari kenaikan skor pada posttest di akhir pertemuan serta hasil dari refleksi diri siwa selama pemberian treatment.

Saran yang perlu di perhatikan bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian serupa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan nilai disiplin diri adalah sebagai berikut: (1) saran aplikasi teknik yaitu dalam penggunaan teknik klarifikasi nilai berupa pemberian contoh kasus/masalah hendaknya perlu melakukan validasi internal, serta (2) saran pengembangan, untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan teknik dan media yang  sama, akan tetapi disarankan  menggunakan kelompok kontrol.