SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai Terhadap Peningkatan Kesadaran Akan Nilai Integritas Siswa SMP

Aunur Rafiq Junaedi

Abstrak


ABSTRAK

 

Junaedi, Aunur Rafiq. 2012. Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai Terhadap Peningkatan Kesadaran Akan Nilai Integritas Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M.A (2) Irene Maya Simon, M.Pd

 

Kata kunci:metode klarifikasi nilai, kesadaran akan nilai integritas, contoh kasus

 

Kesadaran akan nilai integritas perlu dimiliki untuk menyikapi kemerosotan moral yang mulai mewabah di negeri ini. komponen penyusun kesadaran integritas seperti memegang prinsip moral, meyakini hati, memegang janji, konsisten, tulus dan jujur pada diri sendiri akan membawa individu pada karakter yang diharapkan dan menjadi kepribadian yang melekat pada dirinya. Kurangnya kesadaran akan nilai integritas membawa dampak pada berbagai masalah kecurangan yang terus terjadi pada remaja khususnya dan dianggapnya menjadi hal yang biasa terjadi. Faktor utama yang mempengaruhi merosotnya sebuah nilai integritas dalam diri ditandai dan diawali oleh ketidakjujuran. Dengan meningkatkan kesadaran akan nilai integritas, mereka belajar untuk bisa percaya pada diri sendiri dan meyakini kata hatinya. Selain itu, akan lahir kejujuran dalam dirinya sendiri sehingga mereka mampu menjaga komitmen yang dimilikinya secara tulus.

Metode klarifikasi nilai (values clarification) membantu siswa dalam mengkaji pikiran, perasaan dan perbuatannya sendiri untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mereka sendiri. Metode klarifikasi nilai diasumsikan bahwa tidak ada penekanan nilai dan yang diutamakan adalah proses belajar menilai dan memutuskan, dalam prakteknya memberikan sajian berupa pola sejumlah cerita mengenai berbagai contoh kasus yang mengandung konflik nilai dengan pancingan-pancingan pertanyaan, subjek dilibatkan dalam suasana cerita dan didorong untuk menjelaskan perasaan dan nilai yang ada pada dirinya serta mengambil keputusan dan argumentasi yang kuat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode klarifikasi nilai untuk meningkatkan kesadaran akan nilai integritas siswa SMP. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMPN 17 Malang berjumlah 12 siswa.

Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Pengumpulan data yang digunakan berupa skala kesadaran akan nilai integritas siswa SMP yang diberikan pada awal dan akhir perlakuan, serta data kualitatif jawaban siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan bantuan SPSS for windows versi 17 melalui statistik nonparametrik uji wilcoxon dan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa klarifikasi nilai dengan menggunakan contoh kasus efektif untuk meningkatkan kesadaran akan nilai integritas siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan skor pada posttes di akhir pertemuan.

Dalam pelaksanaan metode klarifikasi nilai perlu diperhatikan pula beberapa hal seperti, mempersiapkan kasus yang sesuai dan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kasus yang diberikan sebaiknya mudah untuk dipahami siswa. Kesesuaian kasus dengan usia subjek saat ini, agar tidak terjadi salah memahami kasus. Diharapkan juga adanya need assessment sebelum mengadakan penelitian, untuk mendukung kecocokan situasi dan kondisi dengan metode yang akan diberikan khususnya kebutuhan siswanya.