SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEKNIK THOUGHT STOPPING DALAM KONSELING KELOMPOK REB UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI ULANGAN DI SMP LABORATORIUM UM

PUJI WAHYUNI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuni, Puji. 2012. Efektivitas Teknik Thought Stopping dalam Konseling Kelompok REB untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Ulangan di SMP Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nurhidayah, M.Pd (II) Dr. Triyono, M.Pd

 

Kata kunci: thought stopping, kecemasan menghadapi ulangan, konseling kelompok REB

 

Siswa yang menghadapi ulangan sering mengalami kecemasan. Salah satu bentuk kecemasan timbul dari pemikiran irasional yang perlu mendapat bantuan.Ulangan adalah hal yang wajar, akan tetapi masih banyak siswa yang nervous, gugup, tidak yakin dengan jawaban yang telah dikerjakan, dan tidak mampu untuk rileks. Pemberian bantuan kepada siswa dilakukan dengan konseling kelompok dengan teknik thought stopping dengan 6 tahap. Teknik thought stopping adalah teknik penghentian pikiran untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi ulangan.

Tujuan pelatihan ini adalah mengetahui efektivitas pelatihan teknik thought stopping dalam konseling kelompok REB untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi ulangan di SMP Laboratorium UM. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-eksperimental yaitu one-group pre-test post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII International Class Program (ICP) sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dipilih berdasarkan pengisian angket skala kecemasan yang memiliki nilai kecemasan tinggi.

Teknik analisis yang digunakan yaitu uji beda two related samples tests Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan kecemasan siswa sebelum dan sesudah pelatihan dengan teknik thought stopping pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik thought stopping efektif menurunkan kecemasan siswa kelas VII International Class Program (ICP) di  SMP Laboratorium UM yang dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari uji Wilcoxon sebesar (Z = -2.521a) dengan signifikansi (0.012 < 0.05).

Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran sebagai berikut: 1) konselor dapat membantu siswa untuk menurunkan kecemasan menghadapi ulangan menggunakan teknik thought stopping.  2) bagi peneliti selanjutnya dapat  membuat jadwal khusus untuk melakukan konseling kelompok dengan teknik thought stopping dan mempertimbangkan kondisi siswa dengan menggunakan stimulasi yang bervariasi.