SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL UNTUK MENCEGAH PERILAKU SEKS BEBAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 KRAS KEDIRI

Moh. Kamim

Abstrak


ABSTRAK

 

Kamim, Moh. 2012. Pengembangan Paket Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Mencegah Perilaku Seks Bebas Pada Siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Triyono, M.Pd.

 

Kata Kunci: bimbingan pribadi-sosial, perilaku seks bebas, remaja

 

Penelitian pengembangan paket bimbingan pribadi-sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri dilatarbelakangi munculnya kasus kehamilan di luar nikah kurang lebih 10 siswi yang disebabkan oleh perilaku seks bebas. Selain itu, konselor juga belum memiliki media yang efektif dan menarik  untuk dapat digunakan dalam memberikan layanan bimbingan pencegahan perilaku seks bebas di SMA tersebut. Sebagai upaya preventif  kasus kehamilan dan bahaya perilaku seks bebas lainnya yang sangat mengerikan topik ini perlu diangkat untuk mencegah perilaku seks bebas tersebut. 

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan paket bimbingan pribadi- sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMAN 1 Kras Kediri beserta panduan penggunaannya (untuk konselor) sebagai salah satu media yang dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMAN 1 Kras Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan model Borg and Gall (1983), adapun prosedur pengembangan yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Tahap Persiapan: melakukan analisis kebutuhan dan analisis data serta penetapan prioritas kebutuhan, 2) Tahap Pengembangan: merumuskan tujuan umum dan khusus paket bimbingan pencegahan perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri, menyusun prototip paket bimbingan, 3) Tahap Penilaian: penilaian produk oleh ahli BK dan ahli media, revisi produk dari uji ahli BK dan ahli media, hasil draft paket bimbingan, penilaian dan diskusi calon pengguna produk (konselor), revisi produk dari uji calon pengguna produk (konselor), uji kelompok kecil, revisi dari uji kelompok kecil, produk jadi.

Hasil pengembangan yang telah dihasilkan adalah paket bimbingan pribadi-sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri beserta panduan penggunaannya (untuk konselor). Paket bimbingan yang dihasilkan terdiri dari tiga penggalan. Bahasa yang digunakan dalam paket adalah bahasa gaul agar siswa tertarik untuk membaca, tidak membosankan, dan materi mudah diingat oleh siswa. Selain itu paket juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan materi, kata-kata bijak, warna-warni paket untuk menambah kemenarikan paket. Sedangkan panduan penggunaan paket (untuk konselor) berisi: pendahuluan, petunjuk penggunaan paket, serta langkah-langkah pelaksanaan bimbingan.

Berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna produk terhadap paket bimbingan pribadi sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri dapat disimpulkan bahwa pada umumnya paket dan panduan penggunaannya (untuk konselor) sudah layak digunakan sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial terkait dengan pencegahan perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri setelah direvisi dengan kategori sangat berguna, layak, tepat, dan menarik diberikan oleh ahli BK. Kategori sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, sangat menarik diberikan oleh ahli media. Kategori sangat berguna, layak, tepat, dan sangat menarik diberikan oleh calon pengguna produk. Setelah revisi-revisi yang dilakukan dari penilaian para ahli dan calon pengguna produk (konselor), dari hasil uji kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa paket bimbingan pencegahan perilaku seks bebas pada siswa SMA sudah bagus dengan kategori paket sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat menarik. Terkait dengan informasi pencegahan perilaku seks bebas sangat informatif serta tidak membosankan untuk dibaca tetapi ada beberapa warna huruf yang perlu ditajamkan lagi untuk perbaikan.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: 1) Paket bimbingan pribadi-sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri beserta panduan penggunaannya tidak hanya terbatas digunakan oleh konselor SMA Negeri 1 Kras Kediri akan tetapi semua konselor SMA di manapun dengan maksud agar paket bimbingan pribadi-sosial ini memiliki manfaat yang lebih terkait dengan pencegahan perilaku seks bebas pada siswa SMA, 2) Konselor  dapat bekerjasama atau berkolaborasi dengan guru Agama atau PKn dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial terkait dengan pencegahan perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri, 3) Disarankan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas paket bimbingan pencegahan perilaku seks bebas ini dalam mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMA, 4) Tentunya paket bimbingan pribadi-sosial untuk mencegah perilaku seks bebas pada siswa SMA Negeri 1 Kras Kediri ini masih memiliki kelemahan-kelemahan. Untuk itu perlu dikaji ulang materi-materi yang terdapat dalam paket untuk kesempurnaan produk lebih lanjut.