SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EfektifitasDiskusiKelompokuntukMembantuSiswadalamKemantapanPengambilanKeputusanStudiLanjutpadaSiswaKelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari

JEFRE HASENDRA VARDANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Vardana, Jefre Hasendra. 2012. Efektifitas Diskusi Kelompok untuk Membantu Siswa dalam Kemantapan Pengambilan Keputusan Studi Lanjut pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Bolilasan, M.Pd, (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: diskusikelompok, pengambilankeputusan, studilanjut.

 

Diskusi kelompok adalah teknik bimbingan kelompok yang dilaksanakan dengan maksud agar para siswa anggota kelompok mendapatkan kesempatan untuk memecahkan permasalahan bersama-sama. Diskusi kelompok ini bisa digunakan untuk memberikan informasi secara lengkap tentang studi lanjut, dengan harapan agar siswa dapat merencanakan atau mengambil keputusan secara tepat dan mantap sesuai dengan potensi yang dimiliki. Banyaknya jumlah perguruan tinggi negeri ini sebenarnya memudahkan calon mahasiswa, tetapi karena tidak semua perguruan tinggi negeri favorit maka para calon mahasiswa pun bingung menetapkan pilihan.

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui evektifitas Konseling kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk membantu kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut.

Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperimen. Dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari dengan jumlah 29 anak kemudian difokuskan pada siswa yang belum mantap dalam mengambil keputusan studi lanjut yaitu berjumlah 11 siswa. Variabel penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X), yaitu diskusi kelompok dan variabel terikat (Y), yaitu kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut. Pengumpulan data dilakukan melalui metode angket tertutup. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji beda two related samples tests Wilcoxon.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data dengan uji beda two related samples tests Wilcoxon. Sehingga hipotesis alternatif yang berbunyi “ Terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemantapan pengambilan keputusan studi lanjut antara sebelum dan sesudah penerapan diskusi kelompok terhadap siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Mojosari “ dapat diterima.