SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEKNIK HUMOR DALAM KONSELING KELOMPOK REBT UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA KELAS X JURUSAN PERAWAT SOSIAL SMKN 2 MALANG

Indah Setyarini

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyarini, Indah. 2012. Efektivitas Teknik Humor Dalam Konseling Kelompok REBT Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa Jurusan Perawat Sosial di SMKN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Triyono, M.Pd. (II) Dr. Andi Mappiare A.T., M.Pd

 

Kata Kunci: teknik humor, konseling kelompok REBT, self-esteem

 

Teknik humor merupakan salah satu dari teknik konseling REBT yang paling populer. Teknik ini digunakan untuk mengganti pikiran irasional menjadi lebih rasional dengan suasana yang rileks dan santai. Anggapan siswa tentang dirinya yang kurang pandai, kurang beruntung, tidak memiliki masa depan yang lebih baik dari orang lain dan terlalu membesar-besarkan kekurangan yang ia miliki merupakan pikiran irasional yang dimilikinya, hal ini membuat siswa memiliki self-esteem yang rendah. Pikiran irasional tersebut dimiliki oleh siswa SMK yang berada pada jurusan low-grade, hal ini menjadi gangguan emosional yang perlu dibantu dalam penyelesaiannya, karena self-esteem yang tinggi perlu dimiliki oleh siswa SMK untuk mengembangkan semangat belajar dan mendapatkan masa depan yang diharapkan. Oleh karena itu konseling dengan teknik humor menjadikan proses konseling menjadi rileks dan konseli lebih mampu mengungkapkan permasalahan dengan baik sehingga penyelesaiannya dapat meningkatkan self-esteem.Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan teknik humor dalam konseling kelompok REBT untuk meningkatkan self-esteem siswa jurusan Perawat Sosial di SMKN 2 Malang.

Rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu dengan one group pretest-posttest design. Kelompok eksperimen diambil dari siswa yang memiliki kriteria self-esteem rendah, sangat rendah dari hasil inventori yang telah diuji validitas dan reabilitasnya oleh peneliti terdahulu. Jumlah subyek yang diambil sebanyak 7 siswa. Diberikan perlakuan berupa konseling kelompok REBT dengan teknik humor sebanyak 7 kali pertemuan.

Untuk menganalisis data menggunakan statistik inferensial non-parametrik, yaitu uji beda two-related samples tests Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat self-esteem siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan teknik humor dalam konseling kelompok REBT pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik humor dalam konseling kelompok REBT efektif untuk meningkatkan self-esteem siswa kelas X jurusan Perawat Sosial SMKN 2 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran : (1) Konselor dapat membantu siswa untuk meningkatkan self-esteemnya dengan menggunakan teknik humor dalam konseling kelompok REBTpada kelas, jurusan dan sekolah lain, mempertimbangkan waktu operasional konseling dan memanfaatkan fasilitas sekolah untuk memberikan stimulan (2) Peneliti lanjutan diharapkan dapat mempertimbangkan waktu operasional, up to date dalam memberikan stimulan, melaksanakan validitas ekologi dan menguji ulang istrumen pada subyek terteliti yang berbeda.