SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kecerdasan Emosi dan Perilaku Kekerasan antar Teman Sebaya Pada Siswa di SMK Nasional Malang.

Ika Juwita

Abstrak


ABSTRAK

 

Juwita, Ika Sari. 2009. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Perilaku Kekerasan antar Teman Sebaya Pada Siswa di SMK Nasional Malang. Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Ed, M,Si (2) Hetti Rahmawati, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci : kecerdasan emosi, perilaku kekerasan antar teman sebaya.

 

Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa anak-anak ke masa dewasa. Pada masa peralihan ini remaja belum mampu menguasai dan memfungsikan secara maksimal fungsi fisik maupun psikisnya. Melihat kondisi tersebut apabila didukung oleh lingkungan yang kurang kondusif dan tiadanya pembelajaran dan penerapan kecerdasan emosi akan menjadi pemicu timbulnya perilaku kekerasan antar teman sebaya pada remaja.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui deskripsi tingkat kecerdasan emosi siswa di SMK Nasional Malang, (2) Mengetahui deskripsi tingkat perilaku kekerasan antar teman sebaya pada siswa di SMK Nasional Malang, (3) Mengetahui hubungan kecerdasan emosi dan perilaku kekerasan antar teman sebaya pada siswa di SMK Nasional Malang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan emosi dan perilaku kekerasan antar teman sebaya pada siswa di SMK Nasional Malang.

Penelitian ini berjenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Nasional Malang dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa yang ditentukan dengan random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala kecerdasan emosi dengan nilai koefisien validitas item sebesar 0,377-0,688. Koefisien reliabilitas skala kecerdasan emosi sebesar 0,865. Sedangkan skala perilaku kekerasan mempunyai nilai koefisien validitas item sebesar 0,303 – 0,688 dengan koefisien reliabilitas skala perilaku kekerasan antar teman sebaya sebesar 0,856.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif, siswa SMK Nasional Malang mempunyai kecerdasan emosi tinggi. Hal ini disimpulkan dari sebagian besar sampel penelitian sebanyak 78,57% memiliki kecerdasan emosi pada tingkatan tinggi. Sedangkan Berdasarkan hasil analisis deskriptif siswa SMK Nasional Malang berada pada tingkatan rendah dalam melakukan kekerasan antar teman sebaya. Hal ini disimpulkan dari sebagian besar sampel penelitian yaitu sebanyak 76,19% berada pada tingkatan rendah dalam melakukan kekerasan antar teman sebaya. Hasil analisis korelasi product moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar rxy = -0,989 dengan nilai p= 0,000 (p