SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Informasi Jenis-jenis Pekerjaan Berbentuk Permainan Monopoli dengan Menggunakan Multimedia Bagi Siswa SMP

NUR ITA JANNAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Nur Ita. 2011. Pengembangan Media Informasi Jenis-jenis Pekerjaan Berbentuk Permainan Monopoli dengan Menggunakan  Multimedia Bagi Siswa SMP . Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia Flurentin, M.Pd., (II) Dr. M. Ramli, M.A

 

 

Kata Kunci: media, informasi jenis-jenis pekerjaan, permainan monopoli dengan menggunakan multimedia

 

Sering dijumpai siswa  kelas VIII SMP yang belum matang dalam menentukan pilihan merasa bingung ketika ingin melanjutkan sekolah pada jenjang  SMA atau SMK. Bahkan siswa tidak menyadari bahwa penentuan pilihan sekolah pada jenjang pendidikan lanjutan merupakan langkah awal mengembangkan rencana keputusan. Suatu pilihan yang diputuskan oleh siswa akan mempunyai sangkut paut dengan pendidikan yang harus ditempuh untuk mempersiapkan diri dalam pekerjaan yang diinginkannya. Sebaliknya, keputusan tentang pendidikan yang akan ditekuninya mempunyai implikasi langsung terhadap pekerjaan yang akan dibinanya setelah menamatkan pendidikan. Oleh karena itu siswa perlu mendapatkan informasi jenis-jenis pekerjaan agar siswa mendapatkan pemahaman lebih luas untuk dapat mengembangkan rencana pilihan kariernya. Media yang dikenalkan untuk membantu konselor dalam penyampaikan informasi bimbingan yang lebih menarik diantaranya adalah multimedia. Melalui multimedia dikembangkannya media informasi jenis-jenis pekerjaan berbentuk permainan monopoli dengan menggunakan multimedia bagi siswa SMP yang dapat membantu konselor mengenalkan informasi jenis-jenis pekerjaan.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media informasi jenis-jenis pekerjaan berbentuk permainan monopoli dengan menggunakan multimedia bagi siswa SMP beserta panduan penggunaannya bagi konselor yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri atas dua jenis yaitu (1) media informasi jenis-jenis pekerjaan berbentuk permainan monopoli dengan menggunakan multimedia bagi siswa SMP, dan (2) panduan penggunaan media bagi konselor.

Pengembangan ini mengikuti langkah-langkah model pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi: (1) need assesment; (2) menentukan prioritas kebutuhan; (3) merumuskan tujuan; (4) menyusun poduk yang dikembangkan; (5) menyusun alat evaluasi; (6) penilaian uji ahli; (7) revisi produk dari ahli; (8) penilaian uji calon pengguna produk; (9) uji coba kelompok kecil; (10) revisi produk; (11) produk akhir. Untuk mengetahui media yang dikembangkan  diterima secara teoritik maupun praktis dilakukan uji validitas produk kepada ahli BK, ahli media pembelajaran, calon pengguna produk, dan kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data validitas adalah angket format penilaian. Adapun hasil pengisian angket oleh ahli, calon pengguna produk dianalisis menggunakan analisis deskriptif jenis tendensi sentral dan kualitatif deskriptif. Hasil pengisian angket uji kelompok kecil kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif jenis tendensi sentral mean dan kualitatif deskriptif.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media ingformasi jenis-jenis pekerjaan berbentuk permainan monopoli dengan menggunakan multimedia untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang menurut ahli dan pengguna produk memiliki skor 4 pada aspek ketepatan, kegunakan, kelayakan, dan kemenarikan yang berarti memiliki karakteristik sangat tepat, sangat berguna, sanagat layak dan sangat menarik media untuk digunakan di SMP. Menurut penilain siswa dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sudah dapat dietrima dengan hasil skor rata-rata 3,6 berarti media yang dikembangkan memiliki karakteristik sangat tepat, sangat layak, sangat berguna dan sangat menarik di gunakan di SMP.

Berdasarkan hasil pengembangan media informasi jenis-jenis pekerjaan berbentuk permainan monopoli dengan menggunakan multimedia bagi siswa SMP, maka (1) konselor hendaknya menggunakan media yang dikembangkan untuk membantu siswa  memperoleh wawasan jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di masyarakat dan membantu siswa mengembangkan pilihan karier; (2) konselor hendaknya dapat menguasai dengan baik karakteristik multimedia dan mampu menjelaskan lebih rinci mengenai materi yang belum dipahami siswa. Saran bagi pengembang selanjutnya adalah: (1) hendaknya untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dan untuk menyempurnakan lebih lanjut hasil pengembangan ini dengan melakukan penelitian tindakan kelas dan uji lapangan utama.