SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Konflik Peran dan Dukungan Sosial terhadap Stres Kerja pada Anggota Korps Polisi Wanita (Polwan) di Jajaran Polwil Malang.

Masyarurohtul Umah

Abstrak


ABSTRAK

Umah, Masyarurohtul. Pengaruh Konflik Peran dan Dukungan Sosial terhadap Stres Kerja pada Anggota Korps Polisi Wanita (Polwan) di Jajaran Polwil Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

            Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si (II) Nur Eva, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: konflik peran, dukungan sosial, stres kerja

 

Dalam era globalisasi dewasa ini banyak kaum wanita yang telah berperan dan berkarya besar bagi kelangsungan dan keberhasilan pembangunan nasional. Tidak sedikit pula kaum wanita yang berkarir gemilang dalam berbagai bidang. Kondisi seperti ini juga mungkin terjadi pada anggota Korps Polisi Wanita yang memiliki peran kompleks di tengah-tengah pekerjaannya yang sarat dengan maskulinitas. Oleh karena itu, dukungan sosial diperlukan untuk mengurangi munculnya stres kerja akibat tekanan-tekanan dari peran tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh konflik peran terhadap stres kerja pada anggota Korps Polisi Wanita, (2) mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap stres kerja pada anggota Korps Polisi Wanita, (3) mengetahui pengaruh konflik peran dan dukungan sosial secara bersama-sama terhadap stres kerja pada anggota Korps Polisi Wanita.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian populasi dengan teknik sampel jenuh. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang Polisi Wanita di jajaran Polwil Malang. Instrumen yang digunakan adalah Skala Konflik Peran, Skala Dukungan Sosial dan Skala Stres Kerja yang telah teruji validitasnya dengan teknik korelasi Product Moment dan reliabilitasnya dengan teknik Alpha-Cronbach. Koefisien validitas Skala Konflik Peran berada pada kisaran 0,358-0,718, Skala Dukungan Sosial berada pada kisaran 0,328-0,804, dan Skala Stres Kerja pada kisaran 0,313-0,723. Sementara reliabilitas Skala Konflik Peran, Skala Dukungan Sosial, dan Skala Stres Kerja secara berurutan sebesar 0,889, 0,954, dan 0,898. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi ganda (Multiple Regression).

Hasil analisis data menunjukkan : (1) konflik peran berpengaruh terhadap stres kerja sebesar 60,4% (R2=0,604) pada taraf signifikansi 0,000, (2) konflik peran berpengaruh terhadap stres kerja sebesar 44,9% (R2=0,449) pada taraf signifikansi 0,000, (3) konflik peran dan dukungan sosial berpengaruh (secara bersama-sama) terhadap stres kerja dan variabel konflik peran memberikan kontribusi yang lebih besar atau lebih berpengaruh terhadap stres kerja pada anggota Korps Polisi Wanita di jajaran Polwil Malang, yaitu sebesar 47%.