SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

keefektifan permainan trust circle, are you listener, dan human knot untuk meningkatkan kematangan sosial kelas X di SMK I Ardjuna Malang

Natalia Ika Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Natalia Ika. 2011. Keefektifan Permainan Trust Circle, Are You Listener, dan Human Knot untuk Meningkatkan Kematangan Sosial Kelas X di SMK Ardjuna Malang. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurusan BKP. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M. Pd, (II) Drs. Harmiyanto

 

Kata Kunci: keefektifan permainan, trust circle, are you listener, human knot, kematangan sosial

 

Kematangan sosial merupakan hal yang sangat penting untuk membina hubungan persahabatan, kekerabatan dan tentu saja hubungan sosial. Salah satu teknik bimbingan yang dapat dilakukan sebagai upaya meningkatkan kematangan sosial pada remaja yaitu melalui penggunaan teknik permainan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Ardjuna Malang, diketahui bahwa siswa memiliki kematangan sosial rendah yang ditunjukkan dengan adanya kelompok-kelompok remaja yang biasa disebut geng di dalam kelas. Selain itu ada sebagian kecil siswa yang dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lain menggunakan bahasa gaul, sehingga tidak dimengerti oleh siswa yang berada di luar kelompoknya.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan “permainan trust circle, are you listener, dan human knot” untuk meningkatkan kematangan sosial siswa. Kematangan tidak diturunkan, bukan bawaan sejak lahir, tetapi benar-benar dipelajari dan dilatih. Selain itu kematangan atau ketidakmatangan juga bisa terkikis dan menular. Bayangkan betapa menyedihkannya bila menyaksikan individu yang sudah berangkat matang, kemudian merosot karena berada di lingkungan yang rusak.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu, dengan  desain non randomized pretest and posttest control group. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji komparatif menggunakan metode analisis uji beda dengan formula mann witney. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X APK yang berjumlah 23 orang dengan instrument penelitian berupa skala kematangan social.

Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji beda mann witney dapat disimpulkan bahwa teknik permainan trust circle, are you listener, dan human knot efektif untuk meningkatkan kematangan sosial pada siswa kelas X SMK Ardjuna Malang dengan nilai capaian sebesar -4,306.

Kesimpulan penelitian ini adalah permainan trust circle, are you listener, dan human knot efektif untuk meningkatkan kematangan sosial siswa kelas X SMK Ardjuna Malang dengan indikator perubahan pada skor pretest dan posttest serta perubahan tingkah laku siswa yang lebih baik daripada sebelum diberikan perlakuan atau treatment. Berdasarkan hasil penelitian, saran bagi konselor maupun peneliti selanjutnya yaitu memperbanyak jenis permainan yang diberikan dan dilakukan asessment mengenai permainan yang banyak diminati anak-anak sebagai treatment agar peningkatan kematangan sosial siswa lebih optimal.