SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kebutuhan Dan Motivasi Dalam Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Karangploso

Nurmalita Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Nurmalita. 2011. Kebutuhan Dan Motivasi Dalam Disiplin Belajar Siswa SMP Negeri 1 Karangploso. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. H. Widada, M.Si (II)Dr. Andi Mappiare AT, M.Pd.

 

Kata kunci : kebutuhan, motivasi, disiplin belajar

 

Kebutuhan dan motivasi siswa tidak dapat dipisahkan dengan hal belajar, artinya seorang siswa melakukan aktifitas belajar tertentu karena adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan. Setiap siswa memiliki tingkatan-tingkatan variasi kebutuhan dalam disiplin belajar dan variasi motivasi dalam disiplin belajar.

Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana variasi kebutuhan dalam disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Karangploso (2) Bagaimana variasi motivasi dalam disiplin belajar siswa SMP Negeri 1 Karangploso. Subyek penelitian sebanyak 60 orang siswa, diambil dengan teknik random sampling dari populasi sasaran sebanyak 516 siswa di SMPN 1 Karangploso Malang. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diolah dengan metode kuantitatif deskriptif, dan diketahui hasilnya berdasar prosentase yang diperoleh.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) variasi kebutuhan dalam disiplin belajar sangat tinggi adalah kebutuhan akan harga diri, tinggi adalah kebutuhan akan aktualisasi diri, cukup adalah kebutuhan akan rasa aman dan kebutuhan untuk mendapat pujian, dan kurang adalah kebutuhan untuk menghindari kritik dan celaan, (2) variasi motivasi dalam disiplin belajar sangat tinggi adalah motivasi pengembangan diri, tinggi adalah motivasi untuk hidup teratur, cukup adalah motivasi berprestasi, dan kurang adalah motivasi diterima kelompok. Jadi variasi kebutuhan dalam disiplin belajar dan motivasi dalam disiplin belajar siswa SMPN 1 Karangploso Malang adalah sangat tinggi, tinggi, cukup dan kurang.

Disarankan kepada: (1) siswa menyeimbangkan antara kebutuhan dan motivasi  serta tidak melupakan variasi kebutuhan dan variasi motivasi dalam disiplin belajar yang kurang yaitu kebutuhan untuk menghindari kritik dan celaan serta motivasi untuk diterima kelompok, (2) orang tua dapat menerapkan variasi kebutuhan serta variasi motivasi untuk membentuk kedisiplinan anak dalam belajar dirumah, sehingga anak dapat mengembangkan kemampuannya yang lain pada bidang non akademik, (3) variasi kebutuhan dan variasi motivasi dapat diterapkan oleh guru disekolah untuk lebih memotivasi semangat siswa dalam belajar agar lebih disiplin lagi dalam kegiatan belajar disekolah, terutama bagi konselor sekolah dapat menggunakan variasi kebutuhan dan variasi motivasi disiplin dalam belajar dalam proses konseling untuk dapat mengetahui seberapa tinggi siswa tersebut memiliki kedisiplinan belajar baik disekolah maupun dirumah.