SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN ASERTIF BAGI SISWA SMP

Dhinar Ifadiani Yuliawardini

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliawardini, Dhinar Ifadiani. 2011. Pengembangan Paket Pelatihan Asertif bagi Siswa SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Henny Indreswari, M.Pd. (II) Dr. Blasius Bolli Lasan, M.Pd.

 

Kata kunci: paket pelatihan, asertif, siswa SMP

 

Ketepatan interpretasi terhadap pesan dapat terjadi antara lain melalui perilaku asertif. Oleh karena itu pihak-pihak yang terlibat dalam komunikasi interpersonal perlu menunjukkan keterampilan berkomunikasi secara asertif. Namun demikian, realita menunjukkan bahwa hal berkomunikasi secara asertif tidak mudah dilakukan oleh siapapun termasuk siswa di sekolah.

Tujuan pengembangan adalah menghasilkan paket pelatihan asertif yang berguna, tepat, layak, dan menarik bagi siswa SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan model pembelajaran berstruktur Stuctured Learning Appreach (SLA). Pengembangan dengan mengikuti prosedur yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba. Subjek uji coba adalah ahli bimbingan dan konseling, ahli bahasa dan calon pengguna produk (konselor).

Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari masukan, tanggapan, dan saran-saran dari ahli bimbingan dan konseling, ahli bahasa, dan subjek coba calon pengguna produk (konselor). Selain itu pengembang juga menerima masukan, tanggapan, dan saran-saran dari siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Data kuantitatif  diperoleh berupa angka-angka dari hasil uji ahli dan uji calon pengguna produk berupa skala penilaian.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah Paket Pelatihan Asertif bagi Siswa SMP Negeri 3 Malang,  yang  terdiri atas: (1) Paket Pelatihan Asertif, panduan untuk konselor; dan (2) materi pelatihan asertif untuk siswa, yang terdiri atas empat topik materi yaitu: membangun harga diri, mengekspresikan perasaan, mampu berkata “ tidak “, mengatasi konflik.

Berdasarkan penilaian ahli Bimbingan dan Konseling, Paket pelatihan asertif bagi siswa SMP, dilihat dari sisi kegunaan sangat berguna untuk siswa dan konselor dalam memberikan layanan bimbingan; sedangkan dari aspek ketepatan, paket ini sangat tepat diberikan kepada siswa; dari aspek kelayakan, paket ini layak untuk digunakan oleh siswa dan konselor dalam memberikan bimbingan; adapun aspek kemenarikan, paket ini sangat menarik bagi siswa. Menurut ahli bahasa, Paket Pelatihan Asertif bagi Siswa SMP dilihat dari sisi tata bahasa bahwa bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh konselor dan siswa; dari aspek ketepatan bahasa, bahwa bahasa yang digunakan dalam paket tepat diberikan kepada siswa; sedangkan dari aspek kelayakan, bahasa yang digunakan pada paket ini sangat layak untuk digunakan untuk siswa dan konselor dalam melaksanakan pelatihan asertif; dari aspek kemenarikan, paket ini sangat menarik bagi siswa. Hasil uji calon pengguna (konselor); dilihat dari aspek kegunaan, paket ini sangat berguna, untuk aspek ketepatan, paket ini sangat tepat, sedangkan aspek kelayakan paket ini sangat layak, dan paket ini juga mendapatkan penilaian sangat menarik. Berdasarkan uji kelompok kecil (siswa), paket pelatihan asertif bagi siswa SMP menarik dan penjelasannya cukup jelas.

Bertolak dari hasil uji produk, maka diberikan saran berupa: (1) saran pemanfaatan; konselor  sebagai pembimbing  dalam pelaksanaan pelatihan asertif sebaiknya menguasai langkah-langkah kegiatan dan materi pelatihan dalam paket, (2) saran diseminasi; paket pelatihan asertif ini perlu disesuaikan kembali jika akan digunakan untuk  siswa di luar SMP Negeri 3 Malang, pelaksanaan pelatihan asertif di sekolah lain disesuaikan dengan karakteristik siswa dan sekolah yang akan melaksanakan perlatihan tersebut, (3) saran untuk penelitian selanjutnya, dapat melakukan uji efektivitas paket pelatihan asertif  untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan penerapan paket pelatihan asertif  pada khalayak sasaran.