SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BERORGANISASI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

ROMAN LISTYANU

Abstrak


ABSTRAK

 

Listyanu, Roman. 2011 Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Berorganisasi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si., (2) Diyah Sulistyorini, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci : Konsep Diri, Motivasi Berorganisasi

 

Organisasi kemahasiswaan merupakan wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan, peningkatan kecendekiawanan dan integritas kepribadian, serta wadah pengembangan kegiatan extra kulikuler mahasiswa. Tentunya hasil yang dicapai dalam berorganisasi tidak lepas dari motivasi berorganisasi mahasiswa tersebut. Begitu juga motivasi berorganisasi mahasiswa yang menpuyai hubungan erat dengan konsep diri mahasiswa. Mahasiswa dengan konsep diri yang tinggi akan diikuti dengan tingginya motivasi berorganisasi, begitu juga sebaliknya.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui konsep diri mahasiswa, (2) mengetahui motivasi berorganisasi mahasiswa, (3) mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi berorganisasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sebanyak 282 mahasiswa. Subyek penelitian memiliki ciri-ciri (1) mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2008, 2009, dan 2010 (2) pengurus inti dari organisasi mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan periode 2011. Data konsep diri dan data motivasi berorganisasi diperoleh dari skala konsep diri dan skala motivasi berorganisasi model likert. Reliabilitas skala konsep diri sebesar 0.875, sedangkan skala motivasi berorganisasi sebesar 0.839. data hasil penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mayoritas konsep diri mahasiswa pengurus Ormawa Fakultas Ilmu Pendidikan berada dalam klasifikasi sedang sejumlah 231 orang (81,91%). Sementara sejumlah 228 orang (80,85%) memiliki tingkat motivasi berorganisasi sedang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan motivasi berorganisasi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, (rxy= 0,241 ; p = 0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi pula  motivasi berorganisasi mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi mahasiswa, untuk meningkatkan konsep dirinya menjadi lebih positif agar dapat memiliki motivasi berorganisasi yang tinggi (2) bagi pembina kemahasiswaan, hendaknya memberikan pelatihan pengembangan diri dan memberikan penghargaan bagi para pengurus ormawa sehingga bisa menjadi stimulus yang baik untuk meningkatkan motivasi berorganisasi mahasiswa. (3) bagi peneliti selanjutnya, disarankan menggunakan terhadap variabel-variabel lain yang mungkin berhubungan dengan variabel motivasi berorganisasi, mengingat motivasi berorganisasi tidak hanya berhubungan dengan konsep diri seseorang.