SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswi yang Tinggal di Asrama Cor Jesu Malang

Maria Theresia Ayu Megasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Megasari, Maria Theresia Ayu. 2011. Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Siswi yang Tinggal di Asrama Cor Jesu Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Anies Syafitri, M.Psi, Psikolog

 

Kata Kunci: kepercayaan diri, kecemasan komunikasi interpersonal, pelajar  putri yang tinggal di asrama

 

Kecemasan Komunikasi Interpersonal adalah bentuk reaksi negatif dari individu berupa kecemasan yang dialami seseorang ketika berkomunikasi, terutama dalam hal komunikasi interpersonal. Individu tersebut tidak mampu untuk mengantisipasi perasaan negatifnya dan sedapat mungkin berusaha untuk menghindari komunikasi.   Kepercayaan diri yang positif membuat seseorang mampu untuk mengembangkan penilaian positif terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya maka perasaan cemas saat berkomunikasi secara interpersonal menjadi berkurang.

Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui kepercayaan diri pada pelajar putri SMA Cor Jesu yang tinggal di asrama; 2) mengetahui kecemasan komunikasi interpersonal pada pelajar putri SMA Cor Jesu yang tinggal di asrama; 3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada pelajar putri SMA Cor Jesu yang tinggal di asrama.

Variabel Bebas dalam penelitian ini adalah Kepercayaan Diri, Variabel terikatnya adalah Kecemasan Komunikasi Interpersonal. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan intrument skala kepercayaan diri dan dan skala kecemasan komunikasi interpersonal. Hasil uji validitas item kepercayaan diri diperoleh nilai validitas antara 0,349 sampai 0,744 dan penghitungan reliabilitas dengan koefisien Alpha Cronbach 0.958. sedangkan untuk hasil uji validitas aitem kecemasan komunikasi interpersonal diperoleh nilai validitas antara 0,349 sampai 0,801 dan penghitungan reliabilitas dengan koefisien Alpha Cronbach 0,958.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada pelajar putri yang tinggal di asrama Cor Jesu Malang (rxy = -0,608, sig.= 0.000 < 0.05). artinya semakin tinggi kepercayaan diri pelajar putri maka semakin rendah kecemasan komunikasi interpersonalnya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelajar putri yang tinggal di asrama Cor Jesu Malang memiliki kepercayaan diri tinggi sebanyak 15,94% (11 orang), sedang sebesar 68,12% (47 orang), dan rendah sebesar 15,94% (11 orang). Sedangkan pelajar putri yang memiliki kecemasan komunikasi interpersonal tinggi 9 orang (13,04%), sedang sebanyak 49 orang (71,02%) dan rendah 11 orang (15,94 %).

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi: (1) pelajar putri yang tinggal di asrama untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan cara lebih banyak menyadari sisi-sisi positif diri untuk mengatasi perasaan cemas dalam berkomunikasi interpersonal;(2) Bagi Sekolah hendaknya meningkatkan kreatifitas anak-anaknya terutama dalam melatih komunikasi siswa dengan memberikan ekstrakurikuler yang meningkatkan kepercayaan diri sehingga para siswa dan siswinya tidak mengalami kecemasan;(3)Bagi orang tua hendaknya tidak membatasi kreatifitas anak-anaknya dalam melatih komunikasi dengan mengikut sertakan anak dalam lomba-lomba dan kegiatan-kegiatan yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anak sehingga anak tersebut tidak mengalami kecemasan dalam berkomunikasi. (3) peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam melakukan penelitian lebih lanjut, mengembangkan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk mendalami dinamika yang ada pada pelajar putri yang tinggal di asrama.