SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Skala Self Esteem Berbasis Software Bagi Siswa SMP

Oky Ridho

Abstrak


ABSTRAK

 

Ridho, Oky. 2011. Pengembangan Skala Self Esteem Berbasis Software Bagi Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono, M.Pd (II) Drs. Harmiyanto.

 

Kata Kunci : Skala self esteem, software.

 

Self esteem adalah evaluasi diri didasarkan pada pertimbangan guna mempertahankan penghargaan terhadap diri disertai keyakinan bahwa dirinya adalah orang yang mempunyai kemampuan, penting, berguna dan sukses. Terdapat empat aspek dalam self esteem yaitu: kekuatan, signifikansi, kebajikan, dan kompetensi. Skala self esteem adalah instrumen untuk mengukur tingkat self esteem seseorang.

Sampai saat ini masih jarang sekolah yang mempunyai skala self esteem. Kalaupun ada sekolah yang mempunyai skala self esteem, pelaksanaannya masih dilakukan secara manual yaitu menggunakan media kertas yang berisi sejumlah pertanyaan yang membuat siswa merasa jenuh pada saat pengisian skala tersebut. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan program BK di sekolah. Oleh karena itu perlu dikembangkan skala self esteem berbasis software agar siswa tidak merasa jenuh saat mengisi skala self esteem dan memudahkan konselor dalam menganalisis dan mengumpulkan data secara efektif.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan software skala self esteem bagi siswa SMP. Model pengembangan skala self esteem ini menggunakan langkah dasar penyusunan skala psikologi dari Cronbach (1970) yang telah disesuaikan atau diadaptasi. Pengembangan skala self esteem berbasis software dilaksanakan sebagai berikut: (1) menentukan bidang yang dikembangkan, (2) perencanaan, (3) menjabarkan variabel, indikator, deskriptor, (4) mengembangkan butir-butir pernyataan, (5) uji ahli bimbingan dan konseling, (6) uji instrumen, (7) analisis data, (8) input data ke dalam software, (9) uji ahli media, (10) uji ahli lapangan dan calon pengguna produk.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa skala self esteem telah memenuhi syarat sebagai instrumen karena telah melalui uji validitas konstruk, uji validitas internal dan uji reliabilitas. Sedangkan hasil pengembangan software skala self esteem yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu: (1) mempunyai ketepatan yang tinggi sebagai instrumen dalam mengukur tingkat self esteem siswa SMP, (2) mempunyai tingkat kegunaan yang tinggi, (3) pengoperasiannya mudah digunakan oleh konselor dan siswa, dan (4) mempunyai tingkat kepraktisan yang tinggi.

Dari hasil penelitian pengembangan ini, maka disarankan kepada (1) Konselor: sebagai pembimbing utama dalam pelaksanaan penggunaan software skala self esteem, hendaknya menguasai software skala self esteem, (2) Kepala Sekolah: hendaknya kepala sekolah berkoordinasi dengan konselor dan guru TIK yang bertanggung jawab dalam penggunaan laboratorium agar pelaksanaan bimbingan konseling berjalan lancar, termasuk dalam melaksanakan pengukuran self esteem siswa menggunakan aplikasi software ini, selain itu kepala sekolah perlu membeli printer untuk laboratorium agar siswa bisa langsung mengetahui hasil analisisnya (3) Peneliti: peneliti hendaknya melakukan uji coba software skala self esteem kepada beberapa siswa SMP untuk mengetahui tingkat keefektifannya.