SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN SMARTPHONE BLACKBERRY

GILANG AYU ANGGRAINI

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Gilang Ayu. 2011. Reduksi Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Pembelian pada Konsumen Smartphone Blackberry di Kota Malang, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat M. Psi, (II) Diyah Sulistyorini. S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci: Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian, Smartphone Blackberry

 

Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia, sehingga seiring perkembangan jaman telah diciptakan berbagai alat komunikasi untuk memudahkan pengiriman informasi jarak jauh maupun dekat. Smartphone Blackberry menjadi alat komunikasi yang digemari konsumen sehingga menciptakan trend di tengah maraknya merk ponsel yang sudah lebih dulu muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen Smartphone Blackberry di Malang, mengetahui besar sumbangan masing-masing faktor.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah 19 faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumen menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1995). Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala yaitu Skala Pengambilan Keputusan Pembelian Smartphone Blackberry. Sample penelitian ini adalah 100 konsumen Smartphone Blackberry di kota Malang.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh 2 kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, diketahui terdapat 5 faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian. Meliputi faktor representasi diri, faktor konsep diri, faktor kebutuhan dan kemampuan, faktor budaya dan faktor referensi pergaulan. Kedua, Masing-masing faktor hasil analisis member sumbangan, yaitu faktor representasi diri sebesar 36,155%, faktor kontrol diri sebesar 9,455%, faktor kebutuhan dan kemampuan sebesar 7,175%, faktor budaya sebesar 6,521% dan faktor lingkungan sosial sebesar 5,358%.

Disarankan pada konsumen membeli suatu produk komunikasi memerlukan pertimbangan mengenai manfaat produk tersebut serta kondisi keseharian dan keuangan. Dengan membeli produk yang tepat, manfaat yang diperoleh pun akan lebih maksimal. Menggunakan produk komunikasi sebaiknya diimbangi dengan silaturahmi secara langsung untuk menjaga kualitas hubungan dengan siapapun tetap baik. Apabila peneliti selanjutnya tertarik untuk meneliti topik yang sejenis, sebaiknya menggunakan subyek dengan latar belakang sosiokultural yang berbeda serta metode penelitian lain, agar hasilnya dapat dibandingkan dengan penelitian ini.