SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Persepsi Diri dan Persepsi Teman Mengenai Bentuk Tubuh dengan Intensitas Senam Pada Wanita

NORMA WIJAYANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayanti, Norma. 2011. Hubungan antara Persepsi Diri dan Persepsi Teman Mengenai Bentuk Tubuh dengan Intensitas Senam Pada Wanita. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Alwisol, M.Pd, (II) Ninik Setiyowati S. Psi, M. Psi.

 

Kata Kunci:   persepsi diri, persepsi teman, intensitas senam, wanita

 

Wanita semakin peduli dengan penampilannya dimana tubuh yang  ideal menjadi dambaan bagi para wanita.  Saat ini aspek dari fisik yang paling mendapat perhatian adalah tubuh yang langsing. Keinginan untuk mengurangi berat badan terjadi tidak hanya dalam kelompok wanita yang memiliki kelebihan berat badan , tetapi juga kalangan perempuan yang berat badannya normal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat persepsi diri dan persepsi teman mengenai bentuk tubuh serta intensitas senam pada wanita. 2) Mengetahui hubungan persepsi diri dan persepsi teman mengenai bentuk tubuh dengan intensitas pada wanita.   

Karakteristik populasi dalam hal ini wanita yang menjadi anggota sanggar senam, berusia 18-40 tahun dan memiliki keeratan hubungan pertemanan dengan sesama dengan anggota senam, sehingga teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel  penelitian ini anggota sanggar senam Khusus Wanita yang berada di Jalan Bendungan Sutami Ruko Kav I Malang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua skala yaitu Skala Persepsi  Diri dan Persepsi Teman serta satu data presensi keikutsertaan senam selama 3 bulan. Skala persepsi teman akan diisi oleh 5 orang subjek penelitian. Teknik analisis data untuk mengungkapkan gambaran persepsi diri  dan persepsi teman mengenai bentuk tubuh serta intensitas senam adalah Analisis Deskriptif, untuk mengetahui hubungan antara persepsi diri dengan intensitas senam, persepsi teman dengan intensitas senam adalah dengan analisis korelasi Product Moment, sedangkan untuk mengetahui hubungan ketiganya adalah dengan analisis korelasi Multiple Linier Regression.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi diri mengenai bentuk tubuh dan intensitas senam berada pada tingkatan yang sama 50% tinggi dan 50% rendah, sedangkan persepsi teman  berada pada klasifikasi positif 2) Analisis korelasional  Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang negatif antara pesepsi  diri dan intensitas senam (rxy = -.497, p = .001