SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGADMINISTRASIAN CUMMULATIVE RECORDS BERBASIS WEB

SRI WAHYUNINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

Wahyuningsih, Sri. 2011. Pengadministrasian Cummulative Records Berbasis Web. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.,
(II) Dr. Triyono, M.Pd.

 Kata Kunci: Pengadminstrasian, Cummulative Records, Berbasis Web

Hasil pengumpulan data yang terdiri dari beragam jenis data perlu disimpan dalam buku catatan kumulatif atau cummulative records. Akan tetapi, karena begitu banyaknya data maka konselor membutuhkan media BK yang efektif dan efisien untuk menyimpan dan menampilkan hasil pengumpulan data yang telah diperoleh. Kegiatan mencatat, menyusun dan menyimpan merupakan pengertian dari kegiatan pengadministrasian. Dengan memanfaatkan potensi internet, maka kegiatan pengadminitrasian cummulative records dibuat dalam bentuk web. Web yang dimaksudkan dalam pengembangan ini berupa  sistem penyebaran informasi hasil pengumpulan data nontes yang menampilkan data berupa teks dan gambar 


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan web untuk pengadministrasian cummulative records guna membantu konselor menghimpun ,menyimpan, dan menampilkan data non testing siswa dengan memperhatikan aspek kegunaan, ketepatan, kelayakan dan kemenarikan. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah pengadministrasian cummulative records berbasis web yang terdiri dari: (1) Produk aplikasi dalam bentuk web; (2) panduan pengadministrasian hasil cummulative records berbasis web.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall (1983) yang terdiri atas tahap (1)identifikasi kebutuhan; (2)perumusan tujuan bimbingan; (3)pembuatan produk; (4)uji coba produk; (5)revisi; dan (6)produk akhir. Subyek uji coba ahli adalah ahli bimbingan dan konseling dan ahli media. Subyek calon pengguna produk adalah konselor dan 10 orang siswa SMAN 4 Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket penilaian kebutuhan.


Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan uji ahli dan uji calon pengguna produk  menunjukkan bahwa produk pengadministrasian cummulative records berbasis web layak untuk dikembangkan karena telah memenuhi aspek kegunaan, ketepatan, kelayakan, dan kemenarikan. Oleh karena itu, produk dapat digunakan untuk menghimpun, menyimpan, dan menampilkan hasil pengumpulan data non testing.


Saran yang diberikan pada pengguna adalah (1) Konselor dan petugas administrasi harus memahami prosedur mengaplikasikan produk dengan tepat; (2) konselor senantiasa melakukan pembaharuan data tiap jangka waktu tertentu; (3) hendaknya konselor menindaklanjuti hasil pengumpulan data non testing siswa dengan melakukan konseling individu atau konseling kelompok apabila diperlukan. Saran bagi peneliti selanjutnya: (1) Disarankan adanya penelitian lebih lanjut mengenai efektifitas penggunaan produk terhadap kinerja konselor atau tindakan bimbingan; dan (2) dapat menambahkan sofware pengolahan data pada instrumen AUM, Study habit, dan tes Who Am I.