SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEK WARNA PAKAIAN YANG DIKENAKAN PEREMPUAN TERHADAP DAYA TARIK VISUAL PADA LAKI-LAKI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG ETNIS

RIRIN KURNIAWATI

Abstrak


ABSTRAK

Kurniawati, Ririn, 2011.

Efek Warna Pakaian Yang Dikenakan Perempuan Terhadap Daya Tarik Visual Pada Laki-Laki Ditinjau Dari Latar Belakang Etnis.

Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling Dan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Pembimbing (I) H. Alwisol, M.Pd, (II) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi

Kata Kunci : Warna, Daya Tarik Visual

Warna merupakan salah satu simbol visual yang ditangkap oleh mata, sehingga menjadi salah satu faktor visual yang penting dalam berbagai aktivitas. Unsur estetika warna dimanfaatkan secara meluas dalam berbagai bidang, terutama bidang fashion. Unsur warna membuat penampilan lebih menarik dan mampu menciptakan daya tarik secara visual.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan warna pakaian yang dikenakan perempuan terhadap daya tarik visual pada laki-laki etnis Jawa,Madura dan Ambon, untuk mengetahui perbedaan warna pakaian yang dikenakan perempuan terhadap daya tarik visual pada laki-laki etnis Jawa, untuk mengetahui perbedaan warna pakaian yang dikenakan perempuan terhadap daya tarik visual pada laki-laki etnis Madura dan untuk mengetahui perbedaan warna pakaian yang dikenakan perempuan terhadap daya tarik visual pada laki-laki etnis Ambon.

Penelitian ini dilakukan di lingkup Universitas Negeri Malang dengan responden yang berumur 19-22 tahun berasal dari etnis Jawa, Madura dan Ambon. Analisis yang digunakan adalah analisis perbedaan (one ways anova) untuk menganalisa perbedaan pilihan warna terhadap daya tarik visual pada laki-laki di etnis Jawa, Madura dan Ambon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa warna pakaian yang berbeda yang dikenakan perempuan menimbulkan daya tarik visual yang berbeda-beda pula pada laki-laki etnis Jawa, Madura dan Ambon dengan taraf signifkansi sebesar 14.979 dengan signifikansi .000.05.