SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Bimbingan Aspek Landasan Hidup Religius Untuk Siswa SMA/SMK.

Layla Desmara Priyanggasari

Abstrak


ABSTRAK Priyanggasari, Layla Desmara. 2011.

Pengembangan Media Bimbingan Aspek Landasan Hidup Religius Untuk Siswa SMA/SMK. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare-AT., M.Pd., (II) Drs. Widada, M.Si.

Kata kunci : Media bimbingan, Landasan hidup religius.

Landasan hidup religius merupakan aspek pertama dalam sebelas aspek kemandirian peserta didik. Pada setiap tingkat pendidikan, peserta didik memiliki standar-standar aspek kemandirian yang diharapkan akan mampu dicapai oleh peserta didik. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian integral dari pendidikan diharapkan dapat memberikan layanan yang memadai kepada para siswa untuk dapat mencapai standar tersebut.

Namun, selama ini belum ada media yang dapat menunjang BK dalam memberikan layanan untuk pencapaian kemandirian tersebut untuk siswa. Tujuan pengembangan media bimbingan ini adalah menghasilkan media bimbingan aspek landasan hidup religius untuk siswa SMA/SMK yang memenuhi syarat akseptabilitas dari aspek kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan keakuratan. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah media bimbingan yang terdiri dari RPBK yaitu panduan untuk konselor, LKBK yang berisi materi untuk dibaca siswa, dan LIBK yang berisi latihan-latihan untuk siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkahlangkah pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang terdiri atas tahap (1) mengkaji literatur dan mengumpulkan informasi (2) mendesain produk (3) uji coba produk 1 (4) revisi (5) uji coba produk 2 (6) revisi (7) produk akhir. Subyek uji coba ahli adalah empat dosen dari Bimbingan dan Konseling.

Subyek calon pengguna produk adalah empat orang konselor dan 10 orang siswa SMAN I Saradan dan SMKN I Wonoasri Kabupaten Madiun pada uji coba pertama. Subyek uji coba kedua sama dengan uji coba pertama, namun dengan 30 siswa dari masing-masing sekolah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar penilaian. Lembar penilaian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan data hasil analisis.

Hasil Penelitian dan Pengembangan berdasarkan uji ahli dan uji calon pengguna produk menunjukkan bahwa media bimbingan aspek landasan hidup religius untuk siswa SMA/SMK telah memenuhi syarat akseptabilitas dari aspek kegunaan, kemudahan, kemenarikan, keakuratan. Media dapat digunakan sebagai alat bantu konselor dalam memberikan pemahaman tentang kemandirian siswa khususnya pada aspek pertama, yaitu landasan hidup religius.