SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Need of Achievement, Need of Power, dan Need of Affiliation Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang

Lian Agustin

Abstrak


ABSTRAK Agustin, Lian.

Kontribusi Need of Achievement, Need of Power, dan Need of Affiliation Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang.

Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing : (1) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si. (II) Ninik Setiyowati, S.Psi., M.Psi.

Kata Kunci : Need of Achievement, Need of Power, Need of Affiliation,

 

Prestasi Belajar Prestasi belajar yang baik sangat diharapkan oleh setiap mahasiswa sebagai salah satu wujud keberhasilan belajar. Namun pada kenyataannya, ada beberapa mahasiswa yang memiliki hasil belajar yang kurang memuaskan sehingga harus mengikuti mata kuliah yang sama pada semester berikutnya agar mendapatkan hasil yang memenuhi.

 

Secara tidak langsung prestasi belajar dipengaruhi oleh need. Motivasi terbentuk karena adanya need yang tidak terpenuhi sehingga mengakibatkan individu mengalami tekanan. Motivasi yang ada pada seseorang akan mewujudkan suatu perilaku yang diarahkan pada tujuan mencapai sasaran kepuasan. Sebagian besar dari need ini dapat dikelompokkan need of achievement, need of power, dan need of affiliation.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi ketiga need tersebut terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional serta menggunakan analisis regresi linier berganda.

 

Populasi penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik angkatan 2007 sampai 2010 dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel seluruhnya berjumlah 41 orang. Instrumen yang digunakan berupa skala need of achievement, need of power, dan need of affiliation, sedangkan variabel prestasi belajar dilihat pada rata-rata IP yang diperoleh mahasiswa sampai semester ganjil 2010/2011.

 

Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh empat kesimpulan. Pertama, need of achievement tidak berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar (Rxy=0.055, R square=0.003, sig.=0.732>0.05). Kedua, need of power tidak berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar (Rxy=0.227, R square=0.052, sig.=0.153>0.05). Ketiga, need of affiliation tidak berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar (Rxy=0.073, R square=0.005, sig.=0.650>0.05). Keempat, secara bersama-sama need of achievement, need of power, dan need of affiliation tidak berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang (Rxy=0.230, R square=0.053, sig.=0.564>0.05).

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik untuk lebih memperhatikan faktor-faktor lain baik faktor internal maupun faktor eksternal prestasi belajar dan disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menyempurnakan penelitian ini dengan menambahkan faktor internal dan faktor eksternal prestasi belajar.