SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi dan Ekspektasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang mengenai Layanan Bimbingan dan Konseling: Kasus pada Pelayanan UPT BK UM

Fery Setyawan Handoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Handoko, Fery Setyawan. 2011. Persepsi dan Ekspektasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang mengenai Layanan Bimbingan dan Konseling: Kasus pada Pelayanan UPT BK UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare AT., M.Pd, (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd

 

Kata kunci: persepsi, ekspektasi, bimbingan dan konseling

 

Layanan bimbingan dan konseling merupakan layanan yang ada pada setiap jenjang pendidikan, begitu juga dengan perguruan tinggi. Namun tidak semua peserta didik memanfaatkan layanan ini sebagaimana mestinya.

Fokus  penelitian ini adalah: 1) mengetahui persepsi mahasiswa mengenai layanan bimbingan dan konseling di UPT BK UM. 2) mengetahui ekspektasi mahasiswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di UPT BK UM.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian basic or generic qualitative study. Lokasi penelitian adalah Universitas Negeri Malang. Teknik penarikan sampel menggunakan jenis  purposive sampling terhadap mahasiswa yang masih aktif, memahami pelayanan bimbingan dan konseling, dan pernah memperoleh layanan bimbingan dan koseling dari UPT BK UM. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keseluruhan data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan tahap: 1) analisis data, 2)  mengedit data, 3) reduksi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan: 1) ketekunan pengamatan, 2) triangulasi.

Hasil penelitian ini adalah: 1) Persepsi mahasiswa mengenai layanan bimbingan dan konseling di UPT BK UM, yaitu: a) persepsi terhadap layanan informasi, menurut mahasiswa layanan informasi di UPT BK telah dilaksanakan dengan berbagai teknik penyampaian, b) persepsi terhadap layanan konseling, layanan ini telah berjalan sebagaimana mestinya karena ditangani oleh para tenaga profesional, c) persepsi terhadap layanan penempatan dan penyaluran, layanan ini telah dilaksanakan dengan benar oleh UPT BK meski belum secara langsung diterima oleh mahasiswa karena umumnya diberikan kepada mahasiswa yang akan atau telah lulus, d) persepsi terhadap layanan pelatihan dan seminar, mahasiswa menganggap layanan ini sangat menarik karena disajikan dengan cara yang tepat dan disampaikan oleh pemateri yang berkompeten. 2) ekspektasi mahasiswa terhadap layanan bimbingan dan konseling di UPT BK UM, yaitu: a) sosialisasi layanan UPT BK UM, ekspektasi ini muncul karena mahasiswa menganggap UPT BK belum dikenal oleh mahasiswa UM secara menyeluruh, b) Peningkatan layanan UPT BK UM, mahasiswa selaku pengguna layanan UPT BK mengharapkan adanya peningkatan layanan agar lembaga ini berjalan semakin baik.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: 1) bagi UPT BK UM hendaknya dapat meningkatkan sosialisasinya terhadap mahasiswa agar mereka lebih mengenal dan dapat memanfaatkan layanan yang tersedia. UPT BK UM juga perlu meningkatkan layanan yang sudah ada agar berjalan semakin baik, 2) bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini berguna sebagai bahan pustaka dalam penelitian lebih lanjut tentang persepsi dan ekspektasi mahasiswa UM mengenai pelaksanaan layanan BK di perguruan tinggi.