SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komik sebagai Media Layanan Informasi tentang Bahaya Narkoba untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Probolinggo.

Syella Alisiya Febriyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Febriyanti, Syella Alisiya. 2011. Pengembangan Komik sebagai Media Layanan Informasi tentang Bahaya Narkoba untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Probolinggo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd., (II) Dra.Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata Kunci: komik, layanan informasi, bahaya narkoba.

 

Pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat dilakukan dengan memberikan informasi tentang bahaya narkoba. Salah satu media yang dapat digunakan adalah komik. Komik sudah tidak asing lagi di kalangan siswa SMP karena siswa sudah terbiasa membaca komik dan sudah memahami komik. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan yang dapat mempermudah konselor dalam memberikan bimbingan informasi.

Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan komik sebagai media layanan informasi tentang bahaya narkoba untuk siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan komik sebagai layanan informasi tentang bahaya narkoba yang mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall (1983). Subyek uji coba adalah ahli bimbingan dan konseling, ahli media, dan calon pengguna produk. Data dikumpulkan menggunakan format penilaian ahli dan calon pengguna produk. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis rerata, dan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif.

Produk pengembangan ini telah dinilai oleh ahli dan calon pengguna produk. Secara kuantitatif, hasil penilaian keseluruhan dari para ahli dan calon pengguna produk untuk spesifikasi produk aspek ketepatan memperoleh nilai rerata 3,28; aspek kegunaan 3,25; aspek keterlaksanaan 3,08 dan kemenarikan 3,4. 

Dengan demikian menurut para ahli dan calon pengguna produk, untuk spesifikasi produk dapat di interpretasikan sangat tepat, sangat berguna, sangat terlaksana dan sangat menarik serta dapat digunakan sebagai media pemberian informasi bahaya narkoba bagi siswa SMP. Berdasarkan hasil penilaian ahli dan calon pengguna produk, dapat disimpulkan produk yang dihasilkan dari pengembangan ini yang berupa komik sebagai layanan informasi tentang bahaya narkoba untuk siswa SMP dapat diterima (acceptable) secara teoritis.

Hasil penilaian oleh uji kelompok kecil hasil pretest-posttest memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 7,2 dan 8,7 yang berarti tingkat perubahan atau kemajuan siswa sangat tinggi setelah diberikan informasi bahaya narkoba. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa komik sebagai layanan informasi tentang bahaya narkoba berterima secara praktis.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang diberikan adalah konselor harus memahami prosedur dan materi bimbingan sehingga proses bimbingan dapat berjalan secara efektif dan siswa dapat mencapai tujuan bimbingan yang dikehendaki.  Saran bagi pengembang selanjutnya adalah hendaknya dilakukan uji lapangan utama dan dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas komik sebagai layanan informasi tentang bahaya narkoba untuk siswa.