SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan antara kecemasan akademik dengan motivasi belajar pada siswa kelas XII SMAN se-Kota Malang yang akan menghadapu unjian nasional

Arvita Darmayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Darmayanti, Arvita. 2011. Hubungan antara Kecemasan Akademik dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XII SMAN Se-Kota Malang yang akan Menghadapi Ujian Nasional, Skripsi, Jurusan Studi Bimbingan Konseling Dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Adi Atmoko M.Si (2) Nur Eva S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci: Kecemasan Akademik dan Motivasi Belajar

 

Kecemasan akademik adalah bentuk kecemasan dialami oleh seorang siswaterkait dengan bidang akademik dalam menghadapi UN. Motivasi belajar adalah daya penggerak yang terdapat dalam diri seseorang karena pengaruh lingkungan yang dapat membuat seseorang melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) untuk mengetahui tingkat kecemasan akademik siswa. 2) untuk mengetahui adanya tingkat motivasi belajar pada siswa . Dan 3) untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademik dengan motivasi belajar pada siswa.

Rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan skala kecemasan akademik dan skala motivasi belajar yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII se- Kota Malang sebanyak 118 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat kecemasan akademik sebagaian besar pada siswa masuk dalam kategori tinggi (59 siswa =50%). Tingkat motivasi belajar sebagian besar pada siswa masuk dalam kategori sangat tinggi (82 siswa=69,50%). Terdapat hubungan positif antara kecemasan akademik dengan motivasi belajar pada siswa Kelas XII di SMAN yang akan menempuh UN dengan nilai koefisien sebesar sebesar 0,333 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000.