SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA TEMAN SEBAYA

MARTA ADITAMA

Abstrak


ABSTRAK

 

Aditama, Marta. 2011. Pengembangan Media Permainan Monopoli untuk    Meningkatkan Kerjasama Teman Sebaya. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Elia Flurentin,M.Pd. (2) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media, permainan monopoli, kerjasama, teman sebaya.

 

Dewasa ini untuk diterima oleh lingkungan bagi setiap remaja merupakan suatu hal yang sangat penting sebagai maklhuk sosial. Masalah sosial menjadikan mereka sulit berbaur untuk menjalin kerja sama. Terkait dengan masalah kerjasama siswa, konselor mempunyai tugas untuk membimbing siswa agar dapat bekerjasama secara positif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan bimbingan kelompok. Media yang dapat digunakan untuk membantu kemudahan pelayanan dalam bimbingan kelompok dengan dikembangkannya media permainan monopoli.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media simulasi monopoli dalam layanan bimbingan kelompok siswa SMA/Sederajat yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis yang dapat digunakan oleh konselor dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya

Rancangan penelitian yang digunakan adalah adaptasi penelitian pengembangan  model Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah (1) melakukan kajian pustaka, (2) melakukan need assessment, (3) menganalisis dan menentukan prioritas kebutuhan, (4) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus simulasi monopoli, (5) menyusun produk simulasi monopoli, (6) memvalidasi produk (uji ahli dan uji pengguna produk), (7) menyempurnakan produk akhir. Pascapengembangan, bagian ini melakukan uji ahli materi bimbingan dan konseling, uji ahli media, uji calon pengguna dan uji lapangan terbatas. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif.

Hasil validasi menunjukkan bahwa media permainan monopoli untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya berterima secara teoretis dan praktis. Media permainan monopoli tersebut sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, sangat menarik dan sangat efektif  digunakan sebagai media informasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya

Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan adalah (1) peneliti selanjutnya perlu menambah permainan dalam media permainan monopoli ,    (2) peneliti selanjutnya perlu melakukan uji coba media permainan monopoli tentang kerjasama kelompok di seluruh sekolah kawasan Malang menggunakan rancangan eksperimen, dan  (3) Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media permainan monopoli dengan materi bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.