SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Bibliokonseling Melalui Bacaan “Kisah Hermawan dan Tiga Orang Rudi” Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang

Rosyida Mulyasari

Abstrak


ABSTRAK

Remaja membutuhkan kemampuan untuk dapat menerima dirinya. Hal ini dikarenakan penerimaan diri dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku mereka dalam berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu, penerimaan diri juga merupakan elemen penting bagi remaja untuk mengaktualisasikan diri. Berkembangnya popularitas status bahwa siswa jurusan IPA lebih baik dari jurusan IPS adalah kondisi yang sangat berpengaruh bagi penerimaan diri siswa IPS, khususnya bagi mereka yang mengalami kegagalan masuk jurusan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bibliokonseling dalam meningkatkan penerimaan diri bagi siswa SMA khususnya siswa jurusan IPS. Bibliokonseling adalah salah satu teknik yang digunakan dalam proses bimbingan dan konseling dengan menggunakan bahan bacaan sebagai media untuk mencapai suatu tujuan. Dalam penelitian ini, teknik bibliokonseling menggunakan bacaan “Kisah Hermawan dan Tiga Orang Rudi” untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas XI jurusan IPS.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan one group pretest posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang dengan tingkat penerimaan diri sedang. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik nonparametik melalui teknik analisis wilcoxon dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini antara lain: (1) penerimaan diri siswa kelas XI jurusan IPS sebelum pemberian treatment berada pada kategori sedang ; (2) penerimaan diri siswa kelas XI jurusan IPS setelah pemberian treatment berada pada kategori tinggi; (3) teknik bibliokonseling melalui bacaan “Kisah Hermawan dan Tiga Orang Rudi” efektif dalam meningkatkan penerimaan diri siswa kelas XI jurusan IPS. Atas dasar hasil penelitian, penulis mengajukan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut: (1) konselor dapat menggunakan teknik bibliokonseling melalui media bacaan “Kisah Hermawan dan Tiga Orang Rudi” sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa kelas XI IPS; (2) diharapkan peneliti selanjutnya menggunakan kelompok kontrol disamping kelompok eksperimen, sehingga efektivitas bibliokonseling lebih meyakinkan.