SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN SELF-ESTEEM DAN PENGAMBILAN

I Wayan Wira

Abstrak


ABSTRAK

 

Wira, I Wayan. 2010. Hubungan Self Esteem dan Pengambilan Keputusan Untuk Kuliah Sambil Bekerja Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I)Dr. H. Adi Atmoko, M.Si (II)Dyah Sulistiyorini, M.Psi, Psikolog.

 

Kata kunci : self esteem, pengambilan keputusan, kuliah sambil bekerja

 

Secara umum mahasiswa ingin bekerja setelah lulus kuliah, beberapa juga ada yang menginginkan bekerja sambil kuliah dengan asumsi mendapatkan pengalaman. Namun kebanyakan mahasiswa mengeluh kesulitan untuk membagi waktu mereka. Hal ini berkaitan dengan sejauh mana mahasiswa tersebut merasa mampu dan bisa. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah self esteem.

Subyek penelitian ini sebanyak 50 orang mahasiswa, diambil dengan teknik purposive sampling dari populasi sasaran dalam penelitian ini sebanyak 661 mahasiswa angkatan 2006 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Data self esteem dan pengambilan keputusan mahasiswa diambil dengan menggunakan skala likert. Reliabilitas skala self esteem sebesar 0,934, sedangkan skala pengambilan keputusan sebesar 0,899.

Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan korelasi product moment menggunakan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)sebagian mahasiswa memiliki self esteem tinggi sebanyak 9 orang (18%), (2)sebagian mahasiswa memiliki kecenderungan yang tinggi dalam pengambilan keputusan untuk kuliah sambil bekerja sebanyak 12 orang (24%), dan (3)ada hubungan positif dan signifikan self esteem dengan pengambilan keputusan untuk kuliah sambil bekerja, yang berarti semakin tinggi self esteem semakin tinggi kemungkinan pengambilan keputusan untuk kuliah sambil bekerja, sebaliknya semakin rendah self esteem semakin rendah kemungkinan pengambilan keputusan untuk memilih kuliah sambil bekerja  (rxy=0,571 dan p=0,00< 0,05).

Disarankan kepada: (1)mahasiswa supaya lebih percaya diri terhadap kemampuannya agar dapat meningkatkan self esteemnya, ini bisa dilakukan dengan mengikuti pelatihan, seminar maupun training, (2)mahasiswa untuk dapat merancang strategi yang efektif dalam membuat keputusan untuk kuliah sambil bekerja, seperti bertanya pada dosen pembimbing akademik, (3)bagi peneliti selanjutnya disarankan meneliti variabel lain yang mungkin mempengaruhi pengambilan keputusan untuk kuliah sambil bekerja, mengingat pengambilan keputusan untuk kuliah sambil bekerja tidak hanya dipengaruhi oleh self esteem saja.