SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Metafora Sebagai Konseling Realita Untuk Mengatasi Konflik Persahabatan

Vonny Fatimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatimah, Vonny. 2011. Penggunaan Metafora sebagai Teknik Konseling Realita untuk Mengatasi Konflik Persahabatan. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Bolilasan M.Pd, (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd.

 

Kata Kunci: Metafora konseling realita, konflik persahabatan.

 

Persahabatan dalam masa remaja merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi dalam diri seorang ramaja. Didalam persahabatan, seorang remaja dapat memenuhi kebutuhan dirinya akan kasih sayang, perhatian, kebergunaan diri dan harga diri. Tetapi, dalam perjalannya persahabatan yang dibina oleh remaja tentunya tidaklah mulus, banyak rintangan-rintangan yang harus mereka hadapi dan hal ini tidak sedikit yang menyebabkan terputusnya persahabatan diantara mereka. Oleh sebab itu, remaja membutuhkan sebuah bantuan dalam menyelesaikan masalahnya.

Penelitian eksperimen ini menggunakan metafora dalam pelaksanaan konseling realita untuk mengatasi konflik persahabatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metafora dalam konseling realita untuk mengatasi konflik persahabatan. Penelitian dilakukan dalam dua kegiatan yaitu menyusun panduan konseling realita menggunakan metafora dan pelaksanaan konseling. Penyusunan panduan konseling realita menggunakan metafora ini mengikuti tahapan model WDEP, yang meliputi enam tahap, yaitu involvement (keterlibatan), wants (eksplorasi kebutuhan), direction and doing (tindakan), evaluation (evaluasi), planning (perencanaan) dan terminasi. Pelaksanaan konseling realita dengan menggunakan panduan konseling realita yang sudah diuji kelayakannya oleh ahli.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Jenis desain penelitian yang dipilih adalah pre-test and posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMP Ar-Rohmah Putri Boarding School Malang dengan subyek penelitian 11 orang yang memiliki masalah dalam persahabatan. Didalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik non parametik dengan menggunakan uji beda wilcoxon.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metafora sebagai teknik konseling realita efektik untuk mengatasi masalah persahabatan. Hasil analisis kuantitatif dalam eksperimen ini menunjukkan nilai beda (z) -2,936 pada derajad signifikan (α)/probabilitas (p) 0,003 (