SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Bibliokonseling untuk Meningkatkan Kesadaran Memaafkan Orang Lain bagi Siswa SMP.

Dian Reveilianingtias Ruliningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Ruliningsih, Dian Reveilianingtias. 2011. Keefektifan Bibliokonseling untuk Meningkatkan Kesadaran Memaafkan Orang Lain bagi Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M. A., (II) Dr. Hj. Nur Hidayah, M. Pd.

 

Kata Kunci: bibliokonseling, kesadaran memaafkan orang lain.

 

Salah satu aspek dalam pendidikan karakter yang dapat dikembangkan adalah kesadaran memaafkan orang lain. Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri sehingga perlu menjaga hubungan baik dengan lingkungannya. Namun semua orang tidak terlepas dari masalah dengan orang lain. Dalam permasalahan tersebut adakalanya dituntut kesadaran diri untuk memaafkan kesalahan orang lain. Untuk itu kesadaran untuk memaafkan orang lain itu perlu ditingkatkan. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran memaafkan orang lain adalah menggunakan teknik bibliokonseling dengan media cerita pendek sebagai stimulator kesadaran. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan teknik Bibliokonseling untuk meningkatkan kesadaran memaafkan orang lain bagi siswa SMP. 

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Malang, sebesar 14 siswa. Jenis rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-postest design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji Wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bibliokonseling efektif untuk meningkatkan kesadaran memaafkan orang lain bagi siswa SMP. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang diketahui bahwa Z = -3,185 dan P-value = 0,001 karena pada penelitian ini memakai pengujian hipotesis satu sisi ( one tail) maka nilai p-value harus dibagi dua   = 0,0005. Nilai p-value lebih kecil dari α = 0,05 sehingga H0 ditolak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikemukakan saran dari peneliti bahwa konselor hendaknya dapat menyikapi dan memanfaatkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai keefektifan bibliokonseling untuk meningkatkan kesadaran memaafkan orang lain bagi siswa SMP di sekolah tersebut dengan baik.

Sedangkan untuk peneliti selanjutnya, jika ingin mengangkat tema yang sama dengan penelitian ini diharapkan untuk memperbanyak jenis medianya seperti cerita pendek, legenda, dongeng, novel, dll.