SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Perilaku Altruistik Siswa Madrasah Aliyah Al – Munawarah Sumenep antara yang Bertempat Tinggal di Asrama dan yang Bertempat Tinggal di Rumah

Leni Arista Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusuma, Leni Arista. 2011. Perbedaan Perilaku Altruistik Siswa Madrasah Aliyah Al - Munawarah  Sumenep  antara  yang  Bertempat  Tinggal  di Asrama  dan  yang  Bertempat  Tinggal  di  Rumah.  Skripsi,  Jurusan Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi,  Fakultas  Ilmu  Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si., (II) Dra. Henny Indreswari, M.Pd.

 

Kata kunci : Perilaku altruistik, tempat tinggal, siswa MA

 

Masa remaja adalah masa di mana seseorang mulai memiliki minat-minat dan keinginan untuk lebih berarti, lebih berguna bagi lingkungan masyarakat. Keinginan tersebut dapat diwujudkan, salah satunya dengan cara membantu sesama dalam berbagai hal. Dengan membantu atau menolong sesama yang membutuhkan bantuan, seseorang bisa mewujudkan keinginannya untuk lebih berguna bagi siapapun. Perilaku menolong orang lain dan memberi manfaat bagi orang yang ditolong dengan suka rela tanpa meminta balasan disebut dengan perilaku altruistik. 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh  deskripsi mengenai perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di asrama, (2) memperoleh deskripsi mengenai perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di rumah, (3) memperoleh  deskripsi mengenai perbedaan perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di asrama dan di rumah. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah A l-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di asrama dan di rumah.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang berjumlah 370 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 136 orang. Metode pengumpulan data  menggunakan skala perilaku altruistik yang dikembangkan sendiri oleh penulis. Analisis dilakukan dengan menggunakan persentase dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.

Kesimpulan hasil penelitian: (1) Perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di asrama lebih banyak dalam kategori tinggi, (2) Perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di rumah lebih banyak dalam kategori sedang, (3) Tidak terdapat perbedaan perilaku altruistik siswa Madrasah Aliyah Al-Munawarah Sumenep yang bertempat tinggal di asrama dengan yang bertempat tinggal di rumah. 

Disarankan kepada konselor untuk mengadakan layanan perbaikan bagi siswa yang berperilaku altruistik rendah. Konselor mengambil peran melalui kegiatan bimbingan pribadi sosial untuk membantu siswa mengembangkan perilaku altruistik dan mengubah sikap/perilaku yang belum tepat.