SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH PASANGAN

Mar'atush Sholihah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholihah, Mar'atush. 2011. Perbedaan Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Memilih Pasangan Ditinjau Dari Kelestarian Hubungan Cinta. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M.Pd, (II) Ika Andrini F. S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci: Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Memilih Pasangan, Kelestarian Hubungan Cinta

 

Putusnya hubungan cinta saat masih pacaran dan kasus-kasus perceraian merupakan ketidakcocokan yang bersumber dari kesalahan memilih pasangan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan memilih pasangan, mengetahui besar sumbangan masing-masing faktor, mengetahui perbedaan faktor-faktor antara hubungan cinta selama 1 tahun, 3 tahun dan pasangan yang sudah  menikah, dan mengetahui perbedaan faktor-faktor antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Cross-Sectional. Data penelitian berupa data kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa skala yaitu Skala Memilih Pasangan. Variabel bebas penelitian ini ialah lamanya hubungan cinta dan jenis kelamin dan variabel terikatnya ialah pengambilan keputusan memilih pasangan. Sampel penelitian ialah 100 mahasisiwa Fakultas Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Malang, yang berusia 19-24 tahun.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh 4 kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama diketahui terdapat 5 faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan memilih pasangan. Meliputi faktor keamanan, faktor keintiman, faktor kesamaan, faktor kedekatan dan faktor asertif. Kedua, Masing-masing faktor hasil analisis faktor memberikan sumbangan terhadap PKMP. Faktor keamanan memberikan total sumbangan 25.122 %, faktor keintiman memberikan total sumbangan 10.961 %, faktor kesamaan memberikan total sumbangan 9.437 %, faktor kedekatan memberikan total sumbangan 5.418 %, faktor asertif memberikan total sumbangan 4.735 %. Ketiga, tidak ada perbedaan faktor-faktor yang melatarbelakangi PKMP antara hubungan cinta selama 1 tahun, 3 tahun dan pasangan yang sudah menikah. Keempat, tidak ada perbedaan faktor-faktor yang melatarbelakangi PKMP antara jenis kelamin laki-laki dan jenis kelamin perempuan.

Disarankan kepada pasangan, sejak mulai berpacaran untuk lebih dahulu mempertimbangkan dengan matang faktor-faktor apa saja dalam memilih pasangannya. kepada peneliti selanjutnya, untuk menyempurnakan penelitian agar dapat menjelaskan 45.327% varian yang tidak tercover oleh penelitian ini