SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Teknik Thought Stopping Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa Di SMP Laboratorium UM.

Yessy Wulansari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulansari, Yessy. 2011. Efektivitas Teknik Thought Stopping Untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa Di SMP Laboratorium UM. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi S1 Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

(II) Dr. Andi Mappiare AT, M.Pd.

 

Kata Kunci: teknik thought stopping, konseling kelompok, self-esteem

 

Self-esteem yang tinggi perlu bagi siswa SMP. Namun kenyataannya banyak diantara siswa yang memiliki self-esteem rendah. Mereka sering merasa dirinya bodoh atau tidak mampu dalam melakukan berbagai hal, tidak percaya diri, bahkan merasa hidupnya tidak bahagia. Salah satu latihan yang efektif untuk meningkatkan self-esteem adalah teknik thought stopping. Teknik thought stopping adalah cara yang digunakan untuk mengatasi pikiran yang tidak rasional yang dapat membuat masalah dengan mengubah kepada pikiran yang netral, positif dan tegas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan teknik thought stopping dalam konseling kelompok untuk meningkatkan self-esteem siswa di SMP Laboratorium UM.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest - posttes design. Kelompok eksperimen adalah siswa yang memiliki kriteria self-esteem rendah melalui instrumen self-esteem. Konseling kelompok dengan teknik penghentian pikiran dilakukan dalam 8 kali pertemuan dengan tema yang berbeda-beda. Jumlah subyek yang diambil sebanyak 8 siswa. Data yang diperoleh melalui subyek, menggunakan inventori self-esteem yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan analisis butir dan uji reliabilitas, sehingga didapatkan r alpha lebih besar daripada r table dengan tingkat reliabilities 0,715 yang berarti reliabel atau dapat dipercaya.

Hasil analisis Wilcoxon dan Sign menunjukkan statistik  hitung < statistik tabel, maka hipotesis alternatif diterima. Hasil uji z terlihat bahwa pada kolom Asymp. Sign 2-tailed untuk uji satu sisi adalah 0,012. Oleh karena kasus ini adalah uji satu sisi, maka probabilitasnya menjadi 0,012:2 = 0,0006. Disini terdapat probabilitas dibawah 0,05 (0,0006 < 0,05), sehingga Hipotesis nihil ditolak atau bisa juga diartikan teknik konseling penghentian pikiran efektif untuk meningkatkan self-esteem di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik thought stopping efektif  untuk meningkatkan self-esteem siswa di SMP Laboratorium UM yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test.

Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran : (1) pihak sekolah diharapkan memperhatikan dan memantau self-esteem siswa, (2) konselor diharapkan membantu siswa meningkatkan self-esteem, (3) peneliti lanjutan, jika ingin melakukan penelitian serupa disarankan untuk mempertimbangkan waktu/ lamanya treatment, menggunakan stimulasi yang bervariasi seperi sinema pendek, dan memperluas subyek penelitian di wilayah sekolah-sekolah di kota Malang.