SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Realita Untuk Meningkatkan Pengendalian Perilaku Siswa Di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung

Dewi Ratih Nuraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuraini, Dewi Ratih. 2011. Keefektifan Konseling Realita Untuk Meningkatkan Pengendalian Perilaku Siswa di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd. (2) Dr. Nur Hidayah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Konseling Realita, pengendalian perilaku

 

Pengendalian perilaku perlu dimiliki oleh remaja. Namun kenyataannya banyak di antara remaja mudah diliputi rasa cemas dan penuh dengan rangsangrangsang negatif yang lebih sering dikenal dengan istilah "kenakalan remaja".

Salah satu pendekatan konseling yang efektif untuk meningkatkan pengendalian perilaku adalah menggunakan Konseling Realita. Sejauh mana keefektifannya diperlukan uji empirik melalui penelitian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Konseling Realita terhadap peningkatan pengendalian perilaku siswa di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan hipotesis yang digunakan adalah Penerapan Konseling Realita efektif untuk meningkatkan pengendalian perilaku siswa di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek yang diambil sebanyak 5 siswa yang mempunyai pengendalian perilaku rendah. Data diperoleh melalui subjek, menggunakan inventori pengendalian perilaku yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan analisis butir dan uji reliabilitas dengan didapatkan r alpha sebesar 0, 766> r tabel 0, 316.

Analisis hasil penelitian menggunakan statistic nonparametric dengan menggunakan uji beda Wilcoxon (The Wilcoxon Signedranks test). Dari hasil penghitungan uji beda dengan formula wilcoxon didapatkan nilai Z wilcoxon sebesar -2,060 dengan probabilitas (p) atau signifikansi (α) sebesar 0,039. Oleh karena nilai Z wilcoxon memiliki probabilitas (p) atau signifikansi (α) kurang dari 0,05 (p < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor data pengendalian perilaku sebelum dan setelah pemberian treatmen, sehingga dapat disimpulkan bahwa Konseling Realita efektif untuk meningkatkan pengendalian perilaku siswa di SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan serupa dengan menggunakan teknik-teknik Konseling Realita yang lain sehingga hasil penelitian dapat dibandingkan. (2) Dapat menambah waktu/sesi konseling pada setiap konseli. (3) Follow up dapat dilakukan oleh peneliti sendiri, bukan wawancara.