SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Permainan Dalam Outbound terhadap sikap disiplin dalam bekerja

Ken Anis Nurlaili

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurlaily, Ken Anis. 2011. Pengaruh Permainan Dalam Outbound terhadap sikap disiplin dalam bekerja . Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M.Pd, (II) Diantini Ida Viatrie., S.Psi, M.si

 

Kata Kunci: permainan, sikap disiplin dalam bekerja

 

Permainan merupakan suatu aktivitas manusia yang menyenangkan, bersemangat dan kompetitif dengan menaati aturan-aturan yang sudah ditentukan sesuai dengan materi dan jenis permainannya. Sikap yaitu suatu penilaian subjektif seseorang terhadap suatu objek sikap. Disiplin dalam bekerja adalah serangkaian tingkah laku karyawan untuk mentaati dan mematuhi segala peraturan-peraturan yang berlaku dalam perusahaan yang meliputi ketepatan masuk kerja, kepatuhan dan loyalitas, ketaatan pada peraturan dan prosedur, dan penggunaan alat kerja serta kerjasama dengan rekan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan terhadap sikap dalam disiplin bekerja.

Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 orang (N=30). Untuk menghitung perbedaan pretest dan posttest menggunakan t-score tesretes. pre test and post test design.

Hasildari 30 peserta terdapat 23 orang yang mengalami peningkatan skor sikap disiplin dalam bekerja dan 7 orang mengalami penurunan. Hasil t-score tesretes memperoleh t = 3,498, signifikansi pada. 0.002 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan sikap disiplin sebelum dan sesudah diberikan permainan. Permainan efektif mengubah sikap disiplin dalam bekerja seseorang, dapat dilihat dari skor mean posttest = 96,97 lebih besar dibanding pretest = 88,66

Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran pada beberapa pihak diantaranya : (1) Bagi perusahaan diharapkan dapat menjadikan permainan sebagai kegiatan berkala sehingga kinerja karyawan dalam hal ini disiplin dalam bekerja dapat terus meningkat. (2) Bagi para karyawan peserta permainan diharapkan dapat mengaplikasikan pengalaman dan pemahaman yang didapat dalam dunia kerja. (3) Bagi perusahaan jasa permainan diharapkan penelitian ini dapat menjadikan referensi mengenai efektivitas permainan. (4) Bagi praktisi psikologi yang ingin meneliti lebih lanjut disarankan melakukan randomisasi untuk menentukan sampel penelitian dan perlu menggunakan varabel dan atau kelompok kontrol agar eksperimen yang dilakukan lebih bersih.