SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Inventori Agresi Untuk SMA Negeri di Blitar

Hikma Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Hikma. 2011. Pengembangan Inventori Agresi Untuk SMA Negeri di Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si., (II) Dra. Henny Indreswari, M.Pd.

 

Kata Kunci: Agresi, inventori, siswa SMA.

 

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri yang sangat rentan dengan bergejolaknya emosi. Bergejolaknya emosi dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya agresi. Agresi dapat diukur menggunakan suatu alat. Alat yang dibutuhkan konselor dapat berbentuk inventori, namun kenyataan di lapangan inventori mengenai agresi belum dikembangkan, oleh sebab itu inventori agresi ini dikembangkan. Dalam pengembangan inventori agresi ini khusus pada bagaimana tingkat validitas, reliabilitas dan norma yang digunakan.

Pengembangan inventori agresi ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan inventori yang: (1) memiliki validitas tinggi; (2) memiliki reliabilitas tinggi; (3) menetapkan norma; (4) menghasilkan produk; (5) mengetahui gambaran tingkat agresi siswa SMA.

Metode penelitian pengembangan ini menggunakan adaptasi prosedur pengembangan Borg and Gall. Adaptasi pengembangan model Borg and Gall meliputi tahapan: 1) menentukan tujuan inventori, 2) menentukan populasi, sasaran dan sub bidang yang dikembangkan, 3) menentukan variabel, sub variabel, indikator dan deskriptor, 4) mengembangkan item pernyataan sesuai dengan deskriptor, 5) menyusun dan menyiapkan prototipe inventori agresi, 6) uji lapangan awal (try out) item-item inventori agresi (draf I), 7) uji lapangan utama item-item pertanyaan inventori agresi (draf II), 8) revisi produk inventori agresi yang menghasilkan produk akhir inventori agresi untuk siswa SMA Negeri di Blitar. Inventori agresi diuji tingkat validitasnya menggunakan rumus Product Moment Pearson dengan signifikansi P < 0,05 dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi pengembangan adalah siswa kelas X SMAN di Blitar tahun pelajaran 2011/2011, sampel pengembangan sebanyak 125 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional cluster area random sampling.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa: (1) inventori agresi memiliki tingkat validitas yang tinggi, memenuhi syarat konsistensi internal pada P < 0,05; (2) inventori agresi memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi α = 0,921; (3) inventori agresi memiliki ketetapan norma yang diwujudkan dalam bentuk norma persentil dengan kategorisasi tinggi, sedang dan rendah.

Berdasarkan hasil penilaian ahli bahasa, ahli materi, dan uji kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini yaitu inventori agresi telah memenuhi kevalidan dan layak digunakan oleh siswa. Berdasarkan hasil pengembangan, disarankan: 1) hasil produk pengembangan dapat digunakan konselor sebagai salah satu alat pengumpul data pribadi untuk mengetahui tingkat agresi siswa; 2) diharapkan konselor melakukan bantuan usaha seperti langkah preventif dan kuratif ; 3) bagi pengembang selanjutnya, hendaknya menindak lanjuti hasil pengembangan dengan terus melakukan pengembangan, baik dalam konstruk teoritis berdasarkan teori Averill maupun teori agresi yang lain. Selain itu, subjek pengembangannya diharapkan lebih diperluas pada jenjang Sekolah Dasar, Menengah maupun Perguruan Tinggi, menggunakan variasi teknik analisis yang lain. Disamping itu, mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih disarankan produk dapat dikembangkan melaui program dalam bentuk software.