SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Permainan Outbound untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama

Rezha Mukti Prabowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prabowo, Rezha Mukti. 2011. Efektivitas Permainan Outbound untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M.A., (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd.

 

Kata Kunci: permainan outbound, keterampilan sosial, siswa Sekolah Menengah Pertama

 

Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi efektif dengan orang lain, baik secara verbal maupun nonverbal sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat itu. Keterampilan tersebut merupakan keterampilan yang dipelajari. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial pada siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP) ialah outbound training yaitu sebuah pelatihan di tempat terbuka (outdoor) yang menggunakan metode belajar dari pengalaman secara terstruktur (experience learning cycle method). Tujuan dari permainan outbound ialah untuk melatih keterampilan sosial siswa diantaranya melatih pengenalan dan membangun kepercayaan dengan individu lain, komunikasi secara tepat dan jelas dengan individu lain, mampu menerima dan membantu individu lain serta pengatasan konflik dan masalah-masalah dalam hubungan sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas permainan outbound untuk meningkatkan keterampilan sosial. Penelitian ini berpijak pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Wahid (2010) mengenai "Pengembangan Permainan outbound untuk Melatih Keterampilan Sosial Siswa SMP". Penelitian tersebut hanya berterima secara teoritik, belum melalui uji lapangan untuk mengetahui efektivitas permainan outbound dalam meningkatkan keterampilan sosial. Untuk itu diperlukan sebuah eksperimen dalam mengetahui efektivitas permainan outbound untuk meningkatkan keterampilan sosial.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-eksperimental one group pretest and posttest design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 40 orang siswa SMP yang merupakan anggota OSIS dari beberapa sekolah. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala keterampilan sosial. Skala keterampilan sosial disusun berdasarkan 4 bidang keterampilan sosial Johnson. Data dianalisis dengan menggunakan t Test.

Hasil eksperimen menunjukkan bahwa permainan outbound efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial. Hal tersebut didukung fakta bahwa p=0,00 (p