SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Dewinta Ayu Anggaira Savitri

Abstrak


ABSTRAK

Savitri, Dewinta Ayu Anggaira. 2011. Hubungan Iklim Organisasi Dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) . Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Prastuti, M.Si (2) Ninik Setiyowati., S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Era Globalisasi menuntut organisasi swasta maupun pemerintahan agar dapat secara responsif menanggapi perubahan yang terjadi. Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam organisasi. Selain perilaku di dalam peran kerja  (in-role behavior) juga dibutuhkan perilaku di luar peran kerja (extra-role behavior) yang biasa disebut dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) guna memaksimalkan efektifitas organisasi. OCB bersifat bebas dan tidak memaksa, namun kemunculan perilaku ini sangat diharapkan karena berguna untuk menjaga sistem sosial dalam organisasi. Iklim organisasi pun diharapkan dapat menjadi penyebab kuat atas berkembangnya OCB dalam suatu organisasi. Selain itu lingkungan internal yang kondusif akan menimbulkan perasaan senang dan nyaman pada karyawan terhadap pekerjaannya. Jika iklim kerja yang menyenangkan telah menghasilkan kepuasan kerja maka diharapkan dapat memunculkan OCB.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif korelasional pada karyawan PDAM Kota Malang menunjukkan bahwa 34,86% karyawan mempersepsikan iklim organisasi cukup kondusif, sedangkan sebesar 41,86% karyawan menunjukkan kepuasan kerja pada kategori sedang, dan sebesar 53,4% menunjukkan OCB pada kategori sedang. Hasil analisis korelasi product moment menghasilkan koefisien korelasi sebesar rx 1y = 0,585 dengan nilai p = 0,000 (p