SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Adversity Quotient Dengan Prestasi Akademik Siswa SMAN 1 Malang

Heridha Yuninda

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuninda, Heridha.  2011. Hubungan  antara Motivasi  Berprestasi  dan  Adversity Quotient  dengan  Prestasi  Akademik  Siswa  SMAN  1Malang.  Skripsi, Program  Studi  Psikologi,  Jurusan  Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi, Fakultas  Ilmu  Pendidikan,  Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing  (1) Prof. Dr. Marthen Pali, M. Si (2) Anies Syafitri, S. Psi, M. Psi, Psikolog

 

Kata Kunci: motivasi berprestasi, adversity quotient, prestasi akademik, siswa

 

Adversity  Quotient   adalah  suatu  cara  yang  digunakan  untuk  mengetahui seberapa  jauh  seseorang  mampu  menghadapi  kesulitan  dan  bagaimana kemampuan  seseorang  dalam  mengatasinya. Motivasi  berprestasi  adalah  usaha seseorang dalam menguasai tugasnya, mencapai kesuksesan, mengatasi rintangan, menjadi  lebih  baik  dari  orang  lain,  dan  sesuatu  yang  dilakukan  untuk mendapatkan penghargaan atas pekerjaannya. Prestasi akademik adalah hasil dari proses  belajar  secara  formal  di  sekolah,  berupa  penguasaan  pengetahuan  atau keterampilan  yang  dikembangkan  oleh  mata  pelajaran,  lazimnya  ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru dalam rapor.

Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  antara  motivasi  berprestasi  dengan prestasi  akademik,  mengetahui  hubungan  antara  Adversity  Quotient  dengan prestasi akademik siswa, mengetahui hubungan antara Adversity Quotient dengan motivasi  berprestasi,  dan mengetahui  hubungan  antara motivasi  berprestasi  dan Adversity Quotient dengan prestasi akademik pada siswa SMAN 1 Malang.

Penelitian  ini  adalah  penelitian  deskriptif  dan  korelasional.  Pengambilan sampel  ditentukan  dengan  teknik  stratified  proportional  random  sampling. Ada tiga  alat  pengumpul  data  dalam  penelitian  ini  yaitu  skala  motivasi  berprestasi, skala  Adversity  Quotient,  dan  dokumentasi  laporan  hasil  rapor  siswa.  Subyek penelitian adalah siswa SMAN 1 Malang berjumlah 321 anak. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 1 Malang kelas XI berjumlah 79 anak.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa  kelas  XI  SMAN  1  Malang  yaitu  sebesar  49,3%  memiliki  motivasi berprestasi  yang  rendah,  sebagian  besar  siswa  kelas XI  SMAN  1 Malang  yaitu sebesar  36,7%  memiliki  Adversity  Quotient  rendah,  dan  sebagian  besar  siswa kelas  XI  SMAN  1  Malang  yaitu  sebanyak  46,8%  siswa  memiliki  prestasi akademik  yang  sedang.  Hasil  analisis  korelasi  product  moment  menghasilkan koefisien  korelasi  antara motivasi  berprestasi  dengan  prestasi  akademik  sebesar rx1y  =  0,  352  dengan  nilai  p