SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual bahasa inggris terhadap prestasi belajar bahasa inggris siswa TK islam bani hasim singosari Malang

dianita permata sari

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Dianita Permata. 2011.Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Bahasa Inggris terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Taman kanak-kanak Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Ed, M Si, (II) Drs. Fattah Hidayat, M.Si.

 

Kata Kunci : media pembelajaran audiovisual, prestasi belajar bahasa Inggris, Taman kanak-kanak.

Media pembelajaran merupakan faktor penunjang penting dalam proses bela- jar mengajar. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, banyak ber-munculan media pembelajaran diantaranya media pembelajaran audiovisual. Me-lalui media pembelajaran audiovisual, siswa dapat memahami materi pembelajar-an dengan lebih mudah, menarik dan dapat membuat siswa merasakan kejadian nyata melalui simulasi, sehingga siswa mampu mendapatkan bekal dasar pengeta-huan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil pe-nelitian tersebut, penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan prestasi bel-ajar bahasa Inggris siswa yang belajar menggunakan media audiovisual, (2) un-tuk mendeskripsikan prestasi belajar bahasa Inggis siswa yang belajar tanpa menggunakan media audiovisual, (3) untuk mengungkap pengaruh penggunaan media audiovisual bahasa Inggris terhadap prestasi belajar bahasa Inggris.

Desain yang digunakan adalah static group design yang disebut juga non-equivalent post-test only design. Populasinya adalah siswa Taman kanak-kanak Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Sampel yang diambil berjumlah 43 siswa yaitu 22 siswa dari kelas B2 sebagai kelas kontrol dan 21 siswa dari kelas B1 se-bagai kelas eksperimen. Variabel yang digunakan adalah media pembelajaran au-diovisual dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa. Eksperimen dilakukan di ru-ang laboratorium audiovisual untuk kelompok eksperimen, sedangkan untuk ke-lompok kontrol dilakukan di dalam kelas. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data mengenai prestasi belajar bahasa Inggris yang diperoleh melalui tes prestasi belajar dan data sekunder yang berupa data siswa. Instrumen yang di- gunakan adalah tes prestasi belajar bahasa Inggris berupa kumpulan pertanyaan yang diajukan pada siswa secara lisan dan siswa memberikan jawaban secara li-san. Analisis hasil penelitian menggunakan uji beda independent sample t-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media audiovisu-al terhadap prestasi belajar bahasa Inggris, terbukti dengan adanya perbedaan skor prestasi belajar bahasa Inggris yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, t = 2,062, Sig. 0,046