SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Inventori Kreativitas Siswa SMA Negeri di Malang

Mita Widianasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Widianasari, Mita. 2009. Pengembangan Inventori Kreativitas Siswa SMA Negeri di Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Henny Indreswari M.Pd, (II) Drs. Harmiyanto.

 

Kata kunci: kreativitas, inventori, pengembangan

 

Kreativitas merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Tanpa adanya kreativitas, kehidupan merupakan sesuatu yang bersifat pengulangan terhadap pola-pola yang sama. Kreativitas sangat dibutuhkan oleh siswa SMA dalam memenuhi salah satu tugas perkembangan dalam kehidupan, baik dalam bidang pribadi, sosial, belajar, maupun kariernya. Alat yang dibutuhkan konselor dapat berbentuk inventori, namun kenyataan di lapangan inventori mengenai kreativitas belum dikembangkan, oleh sebab itu inventori kreativitas ini dikembangkan. Dalam pengembangan inventori kreativitas ini khusus pada bagaimana tingkat validitas, reliabilitas, dan norma yang digunakan.

Pengembangan ini dibatasi pada konstruk kreativitas subteori komponensial yang menghubungkan inteligensi dengan dunia internal individu, khususnya mekanisme mental yang menggiring perilaku kurang inteligen. Subteori ini dikhususkan pada tiga komponen dalam (a) belajar bagaimana melakukan, (b) merencanakan apa dan bagaimana cara melakukan, dan (c) mengaktualisasikan (Sternberg, 1985). Pengembangan inventori kreativitas ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan inventori yang: (1) memiliki validitas tinggi; (2) memiliki reliabilitas tinggi; (3) menetapkan norma; (4) menghasilkan produk; (5) mengetahui gambaran kreativitas siswa SMA

Inventori kreativitas diuji tingkat konsistensi internalnya dengan menggunakan rumus Product Moment Pearson, dengan taraf signifikansi P