SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan keputusan membeli handphone pada mahasiswa tipe kepribadian ekstravert dan introvert

Eka Amelia Kristia Wardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Wardani, Eka Amelia Kristia. 2011. Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Pengambilan Keputusan Membeli Handphone Pada Mahasiswa Tipe Kepribadian Ekstravert dan Introvert. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Alwisol, M. Pd, (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: Faktor, Pengambilan Keputusan Membeli Handphone, Mahasiswa, Tipe Kepribadian Ekstravert, Tipe Kepribadian Introvert.

 

Handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk menghubungkan pesawat telepon satu dengan yang lainnya mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Mahasiswa membutuhkan handphone untuk memenuhi kebutuhannya. Faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian handphone adalah faktor ukuran, harga, kualitas, warna, model, fitur, merek, penampilan, kecanggihan, awet, praktis, keterjangkauan layanan, harga purna jual, sifat motivasi, harga diri, pamer, popularitas, hobi, keyakinan, gengsi, keinginan, kebutuhan, tanggapan, teman sebaya, keluarga, tokoh idola, iklan di tv dan status sosial.

Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan penelitian faktorial dan uji beda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mempunyai karakteristik: (1) mahasiswa yang pernah membeli dan memiliki handphone, (2) pria dan wanita dan tercatat sebagai mahasiswa S1 UM, (3) berusia antara 19-24 tahun, (4) mahasiswa angkatan 20072010. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang sebanyak 120 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik insidental sampling. 120 responden diberi skala faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian handphone dan skala ekstravert introvert.

Dari hasil penelitian 29 faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian ini dapat direduksi menjadi 5 faktor dengan total muatan varian sebesar 64.931%. Kelima faktor tersebut adalah: (1) faktor gaya hidup yang menyumbang 17.009% varian. (2) faktor kebutuhan yang menyumbang 15.576% varian. (3) faktor fitur dan layanan yang menyumbang 11.980% varian. (4) faktor konsistensi harga yang menyumbang 11.553% varian. (5) faktor tampilan yang menyumbang 8,813% varian. Hasil penelitian tentang Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Mahasiswa Pengambilan Keputusan Membeli Handphone Pada Mahasiswa Tipe Kepribadian Ekstravert dan Introvert menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan faktor-faktor antara mahasiswa yang bertipe kepribadian ekstravert dan bertipe kepribadian introvert. Mean Difference ekstravert vs introvert = .005897, siginifikan pada .979 > .05 (H0 diterima).