SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Terapi Menulis dengan Media Buku Curhat (KUCUR) sebagai Katarsis Kecemasan (Anxiety) Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi

Hanis Miftahkul Hidayah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayah, Hanis Miftahkul. 2011. Efektivitas Terapi Menulis dengan Media Buku Curhat (KUCUR) sebagai Katarsis Kecemasan (Anxiety) Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, FIP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (II) Drs. Hariadi Kusumo

 

Kata kunci: terapi menulis, KUCUR, katarsis kecemasan, mahasiswa, skripsi

 

Dalam banyak fakta ditemui bahwa skripsi masih merupakan kendala besar bagi mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Pengerjaan skripsi bukan hanya mengenai aspek teknis melainkan juga melibatkan aspek nonteknis (emosi) yang menjadi faktor penting. Salah satu masalah emotif yang banyak ditemui adalah kecemasan yang ternyata banyak menjadi faktor penghambat proses penyelesaian skripsi. Karenanya, masalah kecemasan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi ini memerlukan teknik katarsis untuk meredakannya. Salah satu teknik katarsis kecemasan yang mudah untuk dilakukan adalah dengan menulis. Berdasarkan hasil penelitian-penelitian tentang terapi menulis, terbukti bahwa kegiatan menulis dapat memberi efek terapis berupa peredaan kecemasan (katarsis). Dalam kaitannya dengan menulis, buku curhat merupakan sarana yang tepat untuk menuangkan curahan hati seseorang karena sifatnya lebih privasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi menulis dengan media buku curhat (KUCUR) sebagai katarsis kecemasan (anxiety) mahasiswa dalam menyusun skripsi.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan one group pre-test post-test design, dimana sampel yang digunakan sebelum dan setelah perlakuan adalah sama. Penelitian  jenis ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling angkatan 2006 Universitas Negeri Malang yang sedang menyusun skripsi (belum ujian/ belum lulus) yang memiliki kecemasan tinggi, yaitu sebanyak 7 orang mahasiswa. Instrumen penelitian berupa skala kecemasan, dilengkapi dengan validitas dan reliabilitas instrumen, dengan hasil validitas 37 item valid dan memiliki reliabilitas yang tinggi. Perlakuan yang diberikan kepada subyek berupa kegiatan menulis menggunakan media KUCUR yang dilakukan dalam rentang waktu selama dua minggu dengan ketentuan penulisan yang telah ditetapkan. Teknik analisis data sebagai uji hipotesis yang digunakan adalah paired sample t-test (dua sampel berpasangan).

Hasil dari perhitungan dengan menggunakan paired sample t-test dapat diambil kesimpulan bahwa terapi menulis dengan media KUCUR cukup efektif sebagai katarsis kecemasan mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling angkatan 2006 Universitas Negeri Malang dalam menyusun skripsi, dengan sumbangan keefektifan sebesar 23,74%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pihak jurusan BKP, UPT BK, mahasiswa, dan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan hasil dan temuan penelitian ini sebagai alternatif teknik yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kecemasan mahasiswa dalam menyusun skripsi.